Selasa, 22 November 2016

Honda Supra Berisik Setelah Ganti Oli, Ini Penyebabnya! Akibat Salah Buka Baut OLI

Buat referensi dan mudah2an berguna buat orang lain yang ga sengaja mampir ke blog iritongkos.blogspot.com


Honda Supra Berisik Setelah Ganti Oli, Ini Penyebabnya!

Habis ganti oli tenaga dan suara mesin jauh lebih baik. Tapi, yang dialami Yunan, mekanik TSM Motor di Karang Duren, Tengaran Kab. Semarang justru sebaliknya. Begitu mesin dihidupkan muncul berisik, sampai dia sendiri kebingungan.

Saat dianalisa, suara kasar timbul dari bagian bawah mesin. “Suara logam ketemu logam berasal berasal dari batang penekan rantai keteng,” buka Yunan.

Hal tersebut karena oli di ruang batang penekan rantai keteng habis atau berkurang. Saat mesin dihidupkan, batang penekan rantai keteng bersinggungan langsung dengan pegas penekan.





Analisa pertama, saat menguras oli mesin menggunakan udara bertekanan. Membuat oli yang ada di ruang mesin keluar semua. “Bisa juga karena kesalahan saat melepas baut penguras oli. Keliru melepas baut yang menahan pegas rantai keteng. Karena posisinya bersebelahan,” urai pria 3 anak tersebut.

Mengatasi masalah ini, solusi yang ditawarkan dengan cara memasukkan kembali oli ke dalam batang penekan. Terlebih dulu buka baut cincin washer.

Selanjutnya siapkan oli 1-2 cc untuk dimasukkan ke dalam ruang tersebut. Hidupkan mesin, jika suara kasar belum hilang, buka baut cincin washer saat mesin hidup, selanjutnya tutup kembali. Ini guna mengeluarkan angin dari dalam batang penekan.

Lakukan berulang sampai suara mesin normal kembali.

3 komentar:

  1. Gambar pertama deket seal operan gigi yg mw di buka itu baut apa namanya

    BalasHapus
  2. Gambar pertama deket seal operan gigi yg mw di buka itu baut apa namanya

    BalasHapus
  3. masalah ini baru sy alami salah buka baut oli keluar per dan selongsong, hasil akhir mesin berisik tolong dong solusinya bos, tx....

    BalasHapus