Senin, 14 April 2014

Tentang Yamaha Scorpio

Assalamualaikum Wr Wb

Berikut tips menarik tentang kuda besi andalan Ane dari milis YSZyamaha_scorpio@yahoogroups.com

Yamaha Scorpio 4 tak SOHC 225 CC

Tanya: Scorpio saya suka nembak dari knalpot, kenapa ya?
Jawab: Knalpot nembak karena pencampuran bensin dan udara (pengabutan) didalam karburator kurang sempurna, hal ini biasanya sering terjadi pada motor ber-cc besar.Solusinya:Buka busi, cek warna di elektroda busi, warna yg bagus adalah warna merah bata yg berarti campuran sudah pas.Jika berwarna hitam berarti bensin terlalu kaya, kecilkan setelan angin 0.5 - 1 putaran.Jika berwarna putih berarti kurang bensin, putar setelan lebih besar 0.5 - 1 putaran.Stel putaran angin standard keluaran pabrik +/- 3.5 kali putaran (jika masih menggunakan PJ dan MJ standard)

Tanya : Saya mau ganti PJ (Pilot Jet) standard 17.5 menjadi 20, kira2 merek apa / untuk motor apa yang bisa saya pakai?
Jawab : Bisa pakai merek Mikuni atau bisa digunakan PJ dari Yamaha Force 1 / F1ZR

Tanya : Setelah ganti PJ ke 20, motor saya susah langsam? kenapa ya?
Jawab : Setelan angin harus dikecilkan menjadi 2 sampai 2.5 putaran.

Tanya : Ketika boncengan, Scorpio saya jadi ambles, gimana cara membuat supaya Scorpio saya lebih nungging?
Jawab : Ada beberapa opsi untuk membuat Scorpio supaya lebih nungging: 1. Ganti Shock absorber dengan yang lebih tinggi (bisa pakai shock TZR atau aftermarket yang lain)2. Mengganti connecting arm (con-rod) dengan yang lebih pendek (misalnya conrod buatan YSC bandung)3. Mengganti arm relay (misalnya arm relay buatan Iqbal)

Tanya : Mana yang lebih baik? Arm Relay atau Con-Rod?
Jawab : Arm relay:-kecenderungannya lebih nungging daripada con-rod-kebanyakan harus nambah pipa di standard tengahCon-Rod:-lebih nungging daripada standard-tidak perlu tambah pipa di standard tengahjadi keputusan mau pake arm relay terserah anda.

Tanya : Apa perbedaan antara Monocross dengan Monoshock / unitrack?
Jawab : Monocross biasanya diaplikasikan ke motor2 yang dipakai untuk offroad / motocross, sedangkan Monoshock diaplikasikan untuk motor sport bike.

Tanya : Tabung YEIS? apakah itu?
Jawab : YEIS = Yamaha Energy Induction System,Adalah sistem induksi yamaha untuk menampung uap bensin yang tersisa dari pencampuran antara bensin dan udara didalam sebuah tabung.Uap didalam tabung ini (Tabung Reservoir) kemudian akan dikeluarkan pada saat mesin memerlukan uap bensin (vakum) untuk pembakaran didalam mesin (gas ditarik). Karena uap sudah tersedia di dalam tabung YEIS tsb, maka pembakaran lebih cepat terjadi yang menyebabkan akselerasi mesin meningkat.Prinsip kerjanya mirip sama tabung reservoir (untuk air) atau kapasitor bank (untuk car audio) tapi yg di tampung adalah uap bensin dari karburator.

Tanya : apa manfaat tabung YEIS di Scorpio?
Jawab : Peningkatan akselerasi di rpm bawah

Tanya : Tabung YEIS terbuat dari apa?
Jawab : Tidak ada standard material, tapi sebaiknya yang tahan panas dan tahan tekanan udaraAda beberapa anggota MiLYS yg membuat sendiri tabung YEIS dengan menggunakan botol bekas parfum, botol minuman, pipa pralon dsb.Tabung YEIS yg dijual di MiLYS terbuat dari besi stainless

Tanya : apakah manfaat CDI Racing?? apakah saya harus beli CDI racing?
Jawab : CDI standard pabrikan di Scorpio mempunyai rpm limiter untuk menjaga ke-awetan mesin Scorpio (maks. 10.000rpm)Dengan menggunakan CDI racing, limiter tersebut dihilangkan, sehingga rpm mesin bisa lebih dari batas aman mesin (>11.000). Selain itu ada pula enhancement CDI ini juga dibarengi dengan penambahan kurva sehingga powerband menjadi lebih lebar.Jadi keputusan pembelian CDI racing ini tentu tergantung keputusan si empunya Scorpio.

Tanya : Motor saya kok berasa Slip kopling ketika mesin panas, kenapa ya?
Jawab : Ada beberapa kemungkinan:1. Oli mesin tidak cocok2. Suhu mesin terlalu panas perlu diingat bahwa; bahan material pelat kopling Scorpio akan melunak kalau suhu mesin panas. Karena melunak jadinya jarak main kopling juga bertambah

Tanya : Saya mau pasang disc brake untuk ban belakang, kira-kira pakai merek / punya motor apa yang bisa saya pakai?
Jawab : Bisa menggunakan disc ninja, satria atau yang lainnya, asalkan pemasangannya dilakukan dengan baik.

Tanya : Saya mau ganti ban luar, kira-kira berapa ukuran maksimum ban yang bisa saya pakai jika saya menggunakan velg standard agar tidak mentok dengan swing arm?
Jawab : Ban depan: 110/70-18 Ban belakang: 130/70-18

Tanya : Handle kopling saya patah, kira-kira bisa diganti dengan apa?
Jawab : Stang punya King tahun 2004 keatas. Atau yang Variasi spt Kitaco

Tanya : Oil Cooler apakah yang bisa digunakan di Scorpio?
Jawab : Hyosung Bosowa, Suzuki FXR150, Suzuki F150, Suzuki Raider

Tanya : Stang Scorpio baplang banget pengen ganti pake apa?
Jawab : 1. Stang ninja2. Stang Tiger

Tanya : Velg racing merek apa yang cocok untuk Scorpio?
Jawab : Untuk velg aftermarket bisa menggunakan ex Moge:Yamaha TZM (D:17/B:17)Yamaha TZR/TZ (D:17/,B:18)Suzuki RGV (D:17/B:17)atau velg yang ada di pasaran: Takazuki/Takazima/Takazawa atau sejenisnya (D:18/B:18)

Tanya : Bengkel yang direkomendasikan oleh MiLYS?
Jawab : bengkel yg sudah Recommend sama MILYS yaitu :1. Paul Motor, Margonda Raya 242 Depok, telp. 021- 775 1551 2. DMS (Dysha Motor Sports), Jl.Joe No. 27 A Kelapa III RT.02/03 Jagakarsa, Telp. 021- 787 16443. BMS (Bikers Motor Sport), Jl. Moh. Kafi II Srengseng sawah, Telp 021-78893052

Tanya : Berapa rasio konsumsi BBM 1 liter dengan jarak maksimum yang dapat ditempuh untuk scorpio standart pabrik ?
Jawab : Sebenarnya ini sangat relatif dengan riding stye (agresive, moderate, slow) dari bikernya, kalau dibawa dengan RPM dibawah 6000rpm, BBM bisa jauh lebih irit daripada kalau digeber diatas 6000rpm, faktor lain yang ikut memberi pengaruh dalam irit / tidaknya motor adalah:1. Settingan motor (klep, karbu dsb)2. Kecepatan motor3. Kemacetan Lalu lintas (kondisi stop & go)4. Kelandaian jalan yang dilewati (turunan / tanjakan) 5. Kondisi permukaan jalan (rusak / baik) Dari pemakaian anggota MiLYS:Paling boros bisa 1:20 sampai 1:25Paling irit bisa 1:35 sampai 1:40

Tanya : Berapa top speed dari scorpio standard keluaran pabrik?
Jawab : Dari hitungan teori berdasarkan spesifikasi standard scorpio yg keluar dari pabrik: gear, sproket 15/44, velg 18, ban 100/90, top speed yang dihasilkan untuk di 10rb RPM, gigi 5 adalah 156 kph. tentunya angka tersebut adalah angka yang sangat ideal (Teoritis) dan belum memperhatikan faktor2 lain seperti berat pengendara dan lintasan/ jalan yg digunakan.

kopas dari tetangga sebelah

http://norak-banget.blogspot.com/2006/05/norak-banget-tentang-yamaha-scorpio.html

1 komentar:

  1. bagi yang pernah mengalami troubleshooting kenapa putaran dinamo starter yamaha scorpio (starting motor) putanya kebalik…seharusnya searah jarum jam ini malah berlawanan jarum jam. apa yang salah yah atau rusak komponenya mohon brow smua carikan masalahnya…

    BalasHapus