Jumat, 30 Juli 2010

Sistem Informasi Penyewaan Alat-alat Pesta

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi pada saat ini sangat pesat, sehingga manusia dalam mengerjakan setiap pekerjaan selalu membutuhkan komputer. Komputer memiliki peranan yang sangat vital dalam pemecahan masalah khusus dalam pengolahan data, karena komputer memiliki kecepatan tingkat akurasi yang tinggi dalam pemrosesan data, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia. Informasi telah menjadi sumber daya penting yang perlu dikelola dengan baik sebagaimana sumber daya lain dan komputer elektronik memungkinkan untuk memperoleh informasi secara lebih cepat, tepat dan akurat.
Teknologi Informasi digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk melakukan pengolahan data tersebut.
Perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan distribusi baik barang maupun jasa guna memenuhi kebutuhan manusia. Dari pengertian tersebut maka perusahaan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur. Perusahaan jasa banyak dijumpai di sekitar kita, contohnya perusahaan barang/jasa, perusahaan pengiriman barang, perusahaan elektronik, dan gedung-gedung bioskop.
Jasa penyewaan rental alat-alat pesta pada saat ini sangatlah berkembang, karena banyaknya jumlah pelanggan yang semakin hari semakin bertambah peminatnya untuk mengadakan suatu acara pesta, pertemuan atau acara-acara khusus lainya.
Bisnis jasa yang bergerak dalam bidang penyewaan alat-alat pesta ini sangat dibutuhkan oleh masyakat umum sekitarnya, karena dalam suatu acara pesta atau acara khusus yang lainnya biasanya membutuhan pasti membutuhkan suatu perlengkapan alat yang tidak mungkin dibeli oleh masyarakat yang hanya digunakan hanya dalam tempo satu atau dua hari saja pada acara tersebut, karena perlengkapan alat-alat pesta ini tidaklah murah, untuk itu dibutuhkan sebuah jasa penyewaan perlengkapan alat-alat pesta untuk mempermudah kebutuhan masyarakat. Dalam bisnis/jasa ini ada berbagai macam perlengkapan alat-alat pesta yang disediakan untuk keperluan pelanggan mulai dari tenda dekorasi, kursi, karpet, meja, taplak, karpet, AC, kipas angin, generator, lampu hias, permadani, dan lain-lain.
Alamanda adalah perusahaan bergerak dibidang penyewaan alat-alat pesta yang terletak di jalan raya lenteng agung jakarta selatan. Awalnya Alamanda adalah perusahaan yang kecil yang hanya menyediakan tenda dan bangku saja, namun seiring dengan berkembangnya usaha yang telah digelutinya semakin maju, alamanda terus meningkatkan usahanya agar semua kebutuhan pelanggan terpenuhi. Agar tidak ketinggalan jaman dalam pendekorasian , alamanda terus mengikuti perubahan agar pelanggan dapat memilih jenis sesuai keinginannya. Dengan meningkatnya jumlah pelanggan yang terus bertambah maka alamanda menyediakan berbagai kebutuhan seperti acara pernikahan, acara ulang tahun, pertemuan, dan lain sebagainya.
Untuk mempermudah dalam bertransaksi yang kian hari semakin banyak jumlah pelanggannya untuk menyewa dan kebutuhan barang pun yang akan disewakan akan semakin meningkat, maka dibutukan sebuah perbaikan sistem yang ada dari manual menjadi terkomputerisasi untuk mempermudah berjalannya sebuah proses bisnis tersebut.
Kegiatan operasional yang ada pada saat ini pada CV. Alamanda masih mengalami proses kurang lancar dalam melakukan suatu kegiatan transaksi pemesanan terhadap pelanggan, dan pelaporan pemesanan, keadaan barang, pembayaran, karena adanya human error yang menyebabkan kehilangan berkas data penting yang dapat merugikan pelanggan dan pemilik. Dengan kondisi tersebut CV. Alamanda akan mengalami kesulitan dalam melakukan transaksi jika keadaan CV. Alamanda masih bersifat manual yang mengakibatkan proses transaksi akan lebih lambat.
Agar masalah tersebut dapat teratasi, penulis memberikan suatu bentuk pemecahan masalah dengan mengembangkan suatu sistem informasi dan sekaligus sebagai bahan penulisan tugas akhir yaitu “SISTEM INFORMASI PENYEWAAN ALAT-ALAT PESTA PADA CV. ALAMANDA”.
Pembuatan program aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan kinerja pada bisnis penyewaan alat-alat pesta dalam melakukan pencatatan dan pengolahan data-data dan informasi serta transaksi-transaksi yang terjadi. Sistem tersebut dirancang dengan maksud agar dapat membantu dan memudahkan dalam kegiatan operasional pada CV. Alamanda yang menjadi tugas marketing, administrasi, operasional dan manajemen pemilik rental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar