Rabu, 17 Maret 2010

koneksi internet tanpa router

Toturial Sharing Koneksi Internet tanpa menggunakan router
Sharing yang akan dilakukan kali ini adalah menggunakan Internet Sharing Connetion bawaan dari windows tanpa menggunakan router. Pada Tutorial ini menggunakan OS windows 7 tetapi interfacenya tidak banyak berubah dengan window vista. Beriktu ini step by stepnya:

Koneksikan semua komputer
Pertama yang harus dilakukan adalah mengkoneksikan semua komputer yang akan digunakan untuk internet. Apabila hanya 2 komputer maka bisa menggunakan kabel LAN untuk konek peer to peer. Jika lebih dari 2 maka diperlukan switch hub untuk menghubungkanya. Sharing ini nantinya akan diperlukan 1 PC sebagai servernya. Gambar jaringan seperti ini:
2 PC terkoneksi internet
Internet --> Modem --> PC 1 --> PC 2
lebih dari 2 PC Terkoneksi Internet
Internet --> Modem --> PC 1 --> swicth Hub --> PC 2 , PC 3,dst….

Dari ilustari diatas terlihat bahwa PC 1 berperan sebagai server yang akan meneluskan request dari PC 2,PC 3,dst. Jadi ketika PC 2 mengetikan alamat Http://yahoo.com request ini masuk ke PC 1 lalu meneluskannya ke modem dari modem kemudian diteruskan ke PC 1 lalu dikoneksikan ke PC 2.

Seting modem untuk sharing internet
Disini saya asumsikan anda sudah bisa connect ke internet dengan program bawaan modem pada contoh ini saya menggunakan modem sierra dengan WWAN konektion untuk dial up sedikit berbeda tetapi intinya tetap sama.

1. Buka control Panel  Network and setting di PC 1 (PC yang terkoneksi dengan modem). Kemudian klik network and sharing center.

Terlihat ada 2 tampilan network local area connection dan local area connetion 2.

2. Kli pada local area connection untuk modem.maka akan keluar tampilan seperti ini


3. Selanjutnya klik properties dan akan keluar tampilan seperti ini


4. Klik pada tab sharing yang dilingkari tanda merah tersebut. Dan akan keluar tampilan seperti ini


5. centang kedua checkbox lalu klik setting akan keluar tampilan seperti ini


6. klik semua servicesnya untuk mempermudah jika ingin membatasi akses bisa diatur dengan tidak memberikan tanda centang. Misal tidak ingin mengaktifkan FTP untuk komputer client maka FTP server tidak diaktifkan

Setting IP address di komputer client
Setelah sharin diaktifkan maka secara otomatis IP PC server akan menjadi 192.168.0.1 ini adalah IP default dari ICS windows. Selanjutnya kita perlu melakukan setting pada komputer client yang akan terkoneksi internet.
1. Buka control Panel  Network and setting di PC 2. Kemudian klik network and sharing center. Sama seperti cara yang diatas karena pc client tidak terkoneksi internet maka hanya akan keluar 1 connetion yaitu local area connection.

2. Klik properties pada tampilan seperti dibawah ini

3. Selanjutnya klik properties dan pastikan pada checkbox internet protokol version 4 terpilih.

4. Kemudian isikan IP seperti ini


Disini kenapa diisi 192.168.0.2 karena default dari IP ICS 192.168.0.1 sehingga Ipnya harus 1 class yang sama. Kemudian pada gateway diisi 192.168.0.1 agar mendapatkan transfer data dari komputer server dan DNS diisi 192.168.0.1 supaya mengikuti DNS dari PC server bila ingin menggunakan DNS lain juga bisa tinggal diisikan saja angkanya.
Sebenarnya di windows vista dan 7 setttingan ini bisa dilakukan otomatis setelah sharing dari modem diaktifkan. Windows akan melakukan setting sendiri untuk IP Lan card PC server dan PC client. Step by step untuk windows XP sama saja langkahnya hanya tampilan dan letak menu settinganya saja yang berbeda. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin menshare koneksi internet menggunakan modem dial-up anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar