Selasa, 14 Agustus 2012


Membuat dan Mengelola Formulir Digital Menggunakan Microsoft Office 2010



 

Hafid Mukhlasin
milisstudio@gmail.com
http://www.facebook.com/hafidm

 

Pendahuluan
Kata "Formulir" berasal dari bahasa Belanda yaitu formulier yang artinya adalah sebuah kertas yang berisi beberapa pertanyaan formal yang harus diisi. Formulir sebenarnya merupakan cara klasik yang biasa digunakan orang untuk mendapatkan informasi. Model formulir ini sering kita jumpai ketika kita melakukan suatu pendaftaran atau registrasi, misalnya registrasi akun rekening bank, registrasi diklat, dll. Seiring berkembangnya Teknologi Informasi dan Komputer, bentuk formulir pun berevolusi dari bentuk manual (paper base) ke bentuk digital (computer base). Sekarang kita bisa jumpai di Internet, ketika kita mendaftar website, email, atau jejaring sosial lain maka formulir registrasinya menggunakan formulir digital.
Di era ini, penggunaan formulir digital tentunya akan lebih efisien dan efektif karena selain lebih cepat dalam distribusi informasinya, juga lebih mudah dalam mengelolaanya. Microsoft Office 2010 (Word & Excel) yang merupakan aplikasi perkantoran populer, memiliki fitur yang bisa digunakan untuk pembuatan dan pengelolaan formulir digital.
Pada tulisan ini, penulis akan mengulas tentang pembuatan formulir digital menggunakan Microsoft Word (2010) dan pengelolaannya menggunakan Microsoft Excel (2010) studi kasus pada formulir registrasi diklat.

 
Mengenal Komponen Form/Formulir dalam Ms Word 2010
Komponen form dalam Ms Word 2010 dapat kita jumpai pada menu ribbon tab developer. Namun secara default, tab developer ini tidak ditampilkan. Untuk menampilkan tab ini, ikuti langkah berikut:
  1. Pada menu ribbon, pilih: File > Options > Customize Ribbon
  2. Pada jendela yang muncul
  3. Pilih Customize the Ribbon,
  4. Centang checkbox Developer.


 
Komponen form terdapat pada group control


 
Pada Ms Word 2010, ada 3 jenis komponen form (control) yang bisa digunakan untuk membuat formulir,

  1. Content Control : Komponen form dasar
  2. Legacy Forms: Komponen form yang menggunakan validasi
  3. ActiveX Control: Komponen form yang lebih advance menggunakan teknologi Microsoft ActiveX
Pada kesempatan ini, penulis hanya akan membahas tentang jenis komponen form pertama yaitu content control yang merupakan jenis komponen form dasar. Namun tentu saja, hal ini merupakan modal dasar bagi kita untuk kemudian mencoba jenis lain.
Berikut ini penjelasan tentang masing-masing komponen form yang termasuk dalam content control:
  • RichText cocok untuk nama, NIP
  • Plain Text cocok untuk teks yang panjang (deskripsi, alamat)
  • Date Picker cocok untuk tanggal (tanggal lahir),
  • Check Box cocok untuk pilihan yang boleh lebih dari satu (hobby)
  • Dropdown list cocok untuk pilihan yang hanya boleh memilih satu (jenis kelamin)
  • Combobox hampir sama dengan Drowpdown List, hanya saja jika pilihan tidak ada dalam list, maka user boleh menginputkannya sendiri (agama)


 
Pembuatan Formulir
Setelah memahami fungsi dari masing-masing komponen form, sekarang penulis akan membahas langkah-langkah dalam mendesain formulir.
  1. Buatlah struktur form, untuk mempermudah bisa dengan menggunakan tabel tanpa border.

  1. Masukkan komponen form yang sesuai,
    Pada field nama, pilih komponen RichText, kemudian klik Properties


 
Pada jendela Content Control Properties, atur properti dari RichText sebagai berikut:
Isi kolom "Title" dengan nama dan kolom "Tag" dengan nama, kemudian centang checkbox "Content Control cannot be deleted"


 
  1. Lakukan hal yang sama pada field NIP
  2. Pada field jenis kelamin, masukkan komponen Dropdown List, kemudian klik properties, atur propertinya sebagaimana contoh diatas.
    Pada jendela content control properties masukkan opsi untuk jenis kelamin dengan cara mengklik tombol "Add", maka muncul jendela Add Choice, masukkan Pria, kemudian klik tombol "Add lagi", masukkan Wanita.


 
  1. Pada field tempat dan tanggal lahir, kita buat tanda koma (,) terlebih dahulu untuk memisahkan antara field tempat dan field tanggal lahir


     
  2. Letakkan kursor sebelum tanda koma, lalu masukkan komponen Richtext untuk field tempat, kemudian atur propertinya seperti cara sebelumnya.
  3. Letakkan kursor setelah tanda koma, lalu masukkan komponen Date Picker untuk field tanggal lahir, kemudian atur propertinya sebagai berikut:


     
  4. Pada field agama, masukkan komponen Combobox, kemudian klik properties, atur propertinya sebagaimana contoh diatas.

     
    Pada jendela content control properties masukkan opsi untuk agama dengan cara mengklik tombol "Add", maka muncul jendela Add Choice, masukkan nama-nama agama, pada contoh ini dimasukkan 5 agama yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha. Karena jenis komponennya Combobox maka user bisa mengetikkan sendiri agamanya jika tidak didapati dalam opsi tersebut.

     


     
  5. Pada field hobi, untuk jenis hobi pertama yaitu "jalan-jalan" masukkan komponen Combobox, kemudian klik properties, atur propertinya sebagaimana contoh diatas. kemudian disebelah kanan checkbox tuliskan "Jalan-jalan". Untuk jenis hobi kedua juga demikian, dst.


     
Setelah langkah-langkah diatas kita lakukan maka jadilah sebuah formulir registrasi sederhana. Mudah bukan? Tapi ini belum selesai.
Sebagaimana layaknya form digital, kita akan menambahkan sebuah tombol simpan yang fungsinya melakukan penyimpanan formulir dokumen tersebut. Jadi setelah user mengisi formulir maka user akan menjumpai tombol penyimpanan yang mana kita sekenariokan agar formulir tersebut tersimpan dengan nama file sebagaimana data yang diinputkan oleh user yaitu NIP, misal: 198604302009011002.docx, tujuannya agar nama file formulir hasil inputan user unik, sehingga memudahkan dalam pengelolaan data selanjutnya.
Untuk melakukannya kita memerlukan kode-kode macro / Visual Basic Application (VBA) yang akan kita asosiasikan pada sebuah tombol / button simpan. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Tambahkan tombol Simpan dengan cara klik tab Developer, pilih komponen button pada ActiveX Control sebagaimana yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini.


 


 
  1. Atur property dari button tersebut, dengan cara mengklik Properties. Ubah captionya menjadi "Simpan"


     


     
  2. Double klik tombol Simpan tersebut, maka kita akan dibawa ke jendela code explorer Ms Visual Basic for Application


     
  3. Masukkan kode VBA yang fungsinya adalah melakukan penyimpanan "Save As" formulir tersebut dengan nama file sama dengan teks pada field NIP.

     
    Algoritma sederhananya adalah :
    1. Mulai
    2. Makro Ms Word akan melakukan pencarian Content Control (komponen form) yang memiliki title NIP.
    3. Jika Content Control dengan title NIP ditemukan maka akan dilakukan pengecekan apakah teks isian field NIP kosong atau tidak,
    4. Jika teks isian field NIP kosong atau ada teks "Click here to enter text." berarti user belum mengisi field NIP. Maka akan ditampilkan pesan yang menginformasikan kepada user bahwa field NIP harus diisi.
    5. Jika teks isian field NIP tidak kosong alias telah diisi oleh user maka akan dilakukan penyimpanan formulir (Save As) dengan nama file sama dengan teks isian field NIP
    6. Kemudian ditampilkan pesan yang menginformasikan pada user bahwa formulir telah disimpan.
    7. Formulir ditutup.
    8. Selesai

       
    Berikut ini kode lengkap VBAnya

 
Pengaturan Hak Akses Formulir
Sebelum menyebarkan formulir ke user, ada satu hal lagi yang harus kita lakukan yaitu mengatur hak akses formulir tersebut dengan kata lain membatasi akses agar user hanya bisa melakukan pengisian data formulir saja, tidak lebih.
Hal ini bisa kita lakukan dengan memanfaatkan salah satu fitur Ms Word yaitu Restrict Editing. Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Pada tab Developer, pilih Restrict Editing


     
  2. Maka akan muncul panel Restrict Editing disebelah kanan.


     
  3. Pada bagian pertama "Formatting restrictions". Centang checkbox agar user tidak bisa melakukan styling.
  4. Pada bagian ke dua "Editing restrictions", centang checkbox "Allow only this type of editing in the document:", lalu pada combobox, pilih opsi Filling in Forms


 
  1. Klik tombol "Yes, Start Enforcing Protection". Masukkan password.

  2. Klik OK, selesai.

 
Langkah terakhir, simpan formulir dokumen ke dalam format Word Macro-Enabled Document.


 
Formulir siap di distribusikan, bisa melalui email, website, file sharing, ftp dan sebagainya.


 

Pengisian Data Formulir
Untuk melakukan pengisian data pada formulir tersebut, user cukup dengan membuka file tersebut menggunakan Ms Word 2010 pada komputer masing masing.



 

Karena berisi macro/VBA, maka Ms Word secara otomatis ketika pertama kali dibuka akan menampilkan formulir secara protected view, user tinggal mengklik tombol Enable Content warna kuning. Berikut ini contoh formulir yang telah diisi


 
Langkah selanjutnya klik tombol simpan, maka akan muncul pesan


 
Maka formulir akan otomatis tersimpan dengan nama teks isian NIP, lalu klik OK. Maka file formulir hasil isian user tersebut siap untuk di kirim balik ke panitia diklat.


 
File tersebut terletak dalam satu folder dengan file formulir aslinya.

 
Pengelolaan Data Formulir
Setelah formulir diisi oleh user dan dikirimkan balik kepada kita atau panitia diklat maka langkah selanjutnya adalah mengelola data pada masing-masing formulir tersebut. Dalam hal ini kita akan masukkan data pada masing-masing formulir kedalam sebuah tabel (Ms Excel 2010) sehingga mudah dalam pengelolaanya.
Berikut ini contoh file formulir yang telah diisi oleh user.


 
Secara manual yang bisa kita lakukan adalah membuka setiap file formulir, kemudian menulis ulang datanya kedalam sebuah tabel. Jika hal ini yang dilakukan tentu akan membutuhkan waktu yang lama terutama jika jumlah user banyak disamping itu juga dimungkinkan terjadi kesalahan input.
Oleh karena itu, kita perlu memanfaatkan komputer dalam hal ini Ms Excel untuk membaca data dari masing-masing file formulir tersebut kedalam sebuah tabel supaya pengelolaannya lebih cepat dan efisien. Ya.. sekali lagi kita akan menggunakan macro / VBA.
Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Buat dokumen Ms Excel, lalu save ke dalam format Macro-Enabled Workbook (*.xlsm)


 
  1. Buatlah header tabel sesuai kelompok data yang ada dalam formulir


     
  2. Masukkan sebuah tombol / button yang akan digunakan sebagai trigger dieksekusinya script macro. Caranya pada tab developer, pilih button di pojok kiri atas, lalu arahkan kursor ke area kerja


     


     
  3. Klik kanan button yang baru dibuat, pilih properties, kemudian atur properti captionnya:


     

     


     
  4. Double klik tombol tersebut, maka kita akan dibawa ke jendela code explorer Ms Visual Basic for Application


     
  5. Masukkan kode VBA yang fungsinya adalah membaca file formulir yang telah diisi oleh user kemudian memasukkan data tersebut dalam sebuah tabel.

     
    Algoritma sederhananya adalah :
    1. Mulai
    2. Posisi kursor/ Current Cell (Cell saat ini) diletakkan pada kolom pertama baris kedua Worksheet Ms Excel.
    3. Macro Ms Excel akan membuka setiap file Ms Word dalam folder formulir
    4. Pada setiap file Ms Word yang dibuka tersebut, Macro akan membaca setiap field Content Control
    5. Jika Content Controlnya bertipe checkbox maka akan ada pengecekan apakah checkbox tersebut pada kondisi dicentang/dipilih atau tidak. Jika pada kondisi dicentang maka current cell akan diisi dengan title dari checkbox, jika tidak maka current cell akan diisi "-". Kemudian posisi kolom ditambah 1 (agar pengisian selanjutnya, pindah ke cell sebelah kanannya)
    6. Jika Content Control tidak bertipe checkbox, maka current cell diisi dengan text isian dari user. Kemudian posisi kolom ditambah 1
    7. Setelah selesai membaca satu file Ms Word, sebelum beralih ke file selanjutnya, maka posisi kolom dikembalikan ke 1 dan baris ditambahkan 1.
    8. Selesai

       
    Berikut ini kode lengkap VBAnya

 

 
  1. Kembali ke Worksheet Excel, klik tombol "Baca Data Formulir"


     
    Maka akan muncul error, yang dikarenakan kode macro yang digunakan merujuk ke library tertentu dan library tersebut tidak ditemukan.


     
    Untuk mengatasi hal itu, caranya: Pada Tab Developer, pilih View Code untuk masuk ke Code Explorer Ms Visual Basic for Application:

     


     
    Pada Code Explorer Ms VBA, pilih menu Tools | References..


     
    Checklist library / referensi berikut: Microsoft Forms 2.0 Object Library, Microsoft Scripting Runtime, Microsoft Word 14.0 Object Library, Microsoft Office 14.0 Object Library, OLE Automation, Microsoft Excel 14.0 Object Library, Visual Basic For Application


     
    Klik OK, dan close Code Explorer.

     
  2. Kembali ke Worksheet Excel, klik tombol "Baca Data Formulir"


     
    Hasilnya:


     
  3. Selesai.

     
Setelah data formulir isian user terekap pada sebuah tabel, maka pengelolaan selanjutnya akan lebih mudah lagi.

 
Penutup
Tutorial pembuatan dan pengelolaan formulir digital ini meskipun levelnya advance namun hasilnya masih sangat sederhana, Anda bisa mengekplore lebih dalam terutama yang berkaitan dengan validasi data yang belum disentuh sama sekali dalam tutorial ini atau mencoba jenis komponen form lain.
Semua gading retak, sebagaimana yang disampaikan oleh dosen Logika Informatika penulis. Demikian juga dengan tulisan ini masih penuh dengan kekurangan disana-sini, kritik dan saran yang membangun tentu sangat penulis harapkan demi perbaikan tulisan selanjutnya.
Selamat berkreasi.

 
Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Formulir. Akses: 27 Juli 2012
http://vbadud.blogspot.com/2010/07/how-to-retrieve-value-from-content.html tanggal akses: 25 Juli 2012
http://www.excel-vba-easy.com/vba-userform-control-checkbox.html. tanggal akses: 25 Juli 2012
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/office/hh128818.aspx. tanggal akses: 25 Juli 2012
http://www.vbaexpress.com/forum/showthread.php?t=39654. tanggal akses: 25 Juli 2012
http://www.excelforum.com/excel-programming-vba-macros/799070-import-text-fields-from-word.html. tanggal akses: 25 Juli 2012

 
Biografi Penulis
Hafid Mukhlasin. Menyelesaikan S1 jurusan Teknik Informatika di Universitas Teknologi Yogyakarta pada tahun 2008. Mulai tahun 2009 hingga sekarang, penulis berkarir sebagai Pranata Komputer Ahli di Kementerian Keuangan. Kompetensi inti pada bidang web programming, dan aplikasi Microsoft Office. Berpengalaman dalam pembangunan website atau aplikasi berbasis web pada berbagai instansi pemerintahan dan swasta. Saat ini, aktif melakukan riset dan mengajar di instansi Kementerian Keuangan dalam bidang-bidang terkait Teknologi Informasi dan Komputer.

Minggu, 15 Juli 2012

Mengenal KOMPONEN , FUNGSI dan Kerusakan

Mengenal KOMPONEN , FUNGSI dan Kerusakan


 Berikut dibawah ini adalah beberapa buah komponen utama yang terdapat di dalam Hand Phone beserta trouble shooting dan fungsinya: Antena Switch Fungsi : Sebagai pengolah dan penyempurna serta menyatukan tegangan signal RX dan signal TX. Trouble Shooting: Tidak ada jaringan Hanya keluar salah satu jaringan saja Signal naik turun Pada saat sinyal tampil hp langsung mati IC Audio (COBBA) Fungsi : Sebagai pengolah sinyal suara yang masuk dari IC RF, kemudian diperkuat dan diteruskan kepada speaker, memperkuat getaran suara yang telah diubah terlebih dahulu oleh mic menjadi getaran listrik kemudian diteruskan ke IC RF, menjalankan perintah dari CPU. Pada IC Audio juga terdapat PCM (Pulse Code Module) dan EEPROM yang berfungsi untuk membaca kode sinyal yang datang dari operator untuk disesuaikan dengan IMEI ponsel. Disamping itu juga berfungsi untuk menyimpan data-data yang bersifat permanen seperti imei, phone code, dsb. Trouble Shooting: Contact Service Blank hitam pada LCD Signal naik turun Sepiker dan Mic mati IC CPU Fungsi : CPU merupakan serangkaian komponen elektronika yang terintegrasi dan akan berfungsi sesuai dengan tugasnya masing-masing. Komponen ini mempunyai tugas yang sangat signifikan, karena komponen ini merupakan otak dan suatu ponsel. Dengan kata lain CPU adalah pusat dan sistem kerja ponsel. Trouble Shooting: Mati total (Matot) Tidak ada jaringan Restart Tiba-tiba hp mati sendiri Contact Service LCD blank IC Power (CCONT) Fungsi : Sebagai pensuplai tegangan arus listrik kepada masing-masing komponen sesuai dengan kebutuhannya. Trouble Shooting: Mati total (Matot) Insert simcard Contact Service Restart Not charging Blank hitam pada LCD IC UEM Fungsi : Sebagai pensuplai tegangan arus listrik kepada masing-masing komponen sesuai dengan kebutuhannya. Pada IC UEM ini merupakan gabungan dari IC Power, IC UI, IC Charging. Trouble Shooting: Mati total (Matot) UPP Bad Respon 02 Error data 2 ( Tornado ) Contact retailer / contact service Phone restic ( cek IMEI ??????? ) IC Flash Fungsi : Komponen ini sebagai media penyimpanan data pada ponsel yang tidak permanen dalam kata lain dapat diubah atau ditambah dengan data-data yang berada pada komputer. Alat ini sama fungsinya dengan hard-disk pada komputer. Trouble Shooting: Restart Tiba-tiba hp mati sendiri Contact Service LCD blank Mati total Salah satu data hilang dati menu EEPROM (Electrically Erase Programable Read Only Memory) Fungsi : Sebagai tempat penyimpanan data pada ponsel yang dirancang tidak tergantung dengan adanya arus listrik dari ponsel tersebut, karena sudah ada battery khusus atau arus listrik yang telah dimilikinya, biasanya komponen ini menyimpan data pabrik seperti IMEI1, IMEI2, Security Code, Versi program dan tanggal pembuatan. Namun untuk ponsel merk Nokia keluaran terbaru data yang terdapat pada komponen ini tidak dapat diubah. Trouble Shooting: Mati total (software ) MCU (Master Control Unit) Fungsi : Data yang ada di dalam ponsel yang terletak berada pada IC Audio, data ini bersifat permanen atau sudah dari pabrik, seperti : versi program ponsel, IMEI, tahun pembuatan, dan phone code. Trouble Shooting: Mati total ( software ) IC RAM Fungsi : Komponen ini pada dasarnya merupakan tempat penyimpanan data juga, tapi sifatnya hanya sementara, karena komponen ini cara kerjanya tergantung pada arus listrik yang terdapat dalam komponen tersebut. Jika ponsel dimatikan maka secara langsung data yang terdapat dalam komponen tersebut akan hilang dengan sendirinya. Komponen ini sangat berkaitan erat dengan aktifitas CPU. Semakin besar kapasitas dari RAM maka akan baik Dula kinerja dari CPU, tetapi jika RAM mengalami kerusakan maka CPU tidak bisa bekerja. IC Charging Fungsi : Komponen ini akan bekerja secara otomatis pada saat pengisian yang bekerja hanya untuk mengisi tegangan battery yang dikendalikan oleh CPU melalui IC Pengontrol. Trouble Shooting: No charging Nyedot batre IC UI Fungsi : Sebagai pengontrol data yang diperintahkan oleh IC CPU pada Vibrator, Buzzer, Led dan bersifat sebagai saklar otomatis dalam ponsel. Trouble Shooting: Mati total Tidak ada getar Dering mati Led mati IC PA Fungsi : Sebagai pengontrol tegangan sinyal TX serta penguat akhir sinyal yang akan dipancarkan melalui komponen switch antena yang terdapat pada ponsel. Trouble Shooting: Sinyal keluar kemudian hilang Tidak transmit Mencari jaringan Nyedot batre Mati Total (Matot) IC RF (HAGAR) Fungsi : Sebagai pengontrol sinyal RX (masuk) dan TX (keluar), agar setiap bagian dapat bekerja dengan baik. Komponen ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu: IF, Mixer, Osilator, Detektor, Enkoder, Dekoder, AFC, Tone Frequency dan Squelch. Trouble Shooting: Mencari jaringan Keluar salah satu jaringan Mati Total (Matot) Restart Blank Putih pada LCD IC VCO (Voltage Control Oscilator) Fungsi : Sebagai osilator/pembangkit frekuensi yang akan dikirim melalui bagian TX (pemancaran) dan frekuensi yang masuk melalui bagian RX (penerimaan) agar tetap sama dengan yang dipancarkan. Disamping itu piranti ini juga berfungsi sebagai pengatur tegangan pulsa dari RF Signal Processor. Trouble Shooting: Hanya salah satu kartu yang bias digunakan Mencari jaringan ( serching ) Sinyal keluar kemudian hilang LCD (Liquid Crystal Display) Fungsi : Sebagai alat yang akan menampilkan semua aktifitas dan ponsel, sebagai media komunikasi baca dan tulis pada ponsel. Trouble Shooting: Blank Tulisan terbalik/berantakan Pecah Keypad Fungsi : Sebagai peralatan input yang memberikan perintah data kepada CPU ponsel untuk diproses dan akan dikirimkan kepada komponen lain yang berkaitan dalam ponsel. Trouble Shooting: Blank Tulisan terbalik/berantakan Pecah Battery Fungsi : sebagai sumber arus listrik yang diperlukan untuk memberikan arus listrik pada ponsel. Battery untuk ponsel ada beberapa macam, yaitu Nickel-Metal Hydrate (NiMH), Lithium-Ion (LiON), dan Lithium-Poly¬I RI- (LiPoly) Trouble Shooting: Ngedrop Pada saat melakukan panggilan, hp langsung mati Lampu LCD berkedip kedip Charging gagal [gallery]

Rabu, 08 Februari 2012

alamat KUA DKI Jakarta

Buat kalian yang pengen rencana menikah dan pengen ngurus surat menyurat k KUA, saya ada alamatnya semoga membantu ya para blogger

Menikah adalah dambaan setiap insan, siapa sih yang ngga mau hidup berkeluarga, punya istri, punya anak. Jika memang sudah siap lahir dan batin menikahlah, tunggu apalagi?
Untuk anda yang tinggal di Jakarta dan berniat untuk menikah daftarkan diri anda di Kantor Urusan Agama terdekat.
Berikut ini alamat dan nomor telepon KUA di Jakarta, berdasarkan data dari bimasislam.depag.go.id

A. Jakarta Pusat

KUA Kec.Menteng Jl.Pegangsaan Barat No.14 Menteng Telp. 331817
KUA Kec.Senen Jl.Kalibaru IV Gg.II No.36 Telp. 4258264
KUA Kec.Gambir Jl.Pembangun 11 Taman Petojo Utara Telp. 6338623
KUA Kec.Cempaka Putih Jl.Cmpk Putih Tengah XIII/10 Telp. 4258244
KUA Kec.Kemayoran Jl.Serdang No.3 Kemayoran Telp. 4259950
KUA Kec.Sawah Besar Jl.Mangga Dua Dalam No.10 Telp. 6016889
KUA Kec.Tanah Abang Jl.Mutiara No.2 Karet Tengsin Telp. 5743823
KUA Kec.Johar Baru Jl.Tanah Tinggi IV / 86B Telp. 4257980

B. Jakarta Utara

KUA Kec.Koja Jl.Mangga No.24 Kel.Lagoa Telp. 495422
KUA Kec.Cilincing Jl.Sungai Landak No.7 Cilincing Telp. 4407990
KUA Kec.Penjaringan Jl.Pluit Raya No.15 Penjaringan Telp. 6601505
KUA Kec.Pademangan Jl.Mulia Raya Telp. 6402649
KUA Kec.Tanjung Priok Jl.Yos Sudarso No.22 Telp. 43935765
KUA Kec.Kelapa Gading Jl.Tm Griya Pratama Blok MA Telp. 45841307

C. Jakarta Barat

KUA Kec.Tambora Jl.Masjid Pekayon IV/46 Tambora Telp. 6913395
KUA Kec.Kebon Jeruk Jl.Raya Duri Kepa Telp. 5640052
KUA Kec.Grogol Jl.Hadiah IV/10 Kel.Jelambar Telp. 56963774
KUA Kec.Taman Sari Jl.Kemukus No.2 Kel.Pinangsia Telp. 6910757
KUA Kec.Palmerah Jl.Melati Putih No.2 Kel.Kemanggisan Telp. 5329895
KUA Kec.Kalideres Jl.Peta Utara No.2 Kel.Pegadungan Telp. 5450773
KUA Kec.Cengkareng Jl.Utama Raya Pasar Ganefo Telp. 5406246
KUA Kec.Kembangan Jl.Kembangan Utara Telp. 5821769

D. Jakarta Selatan

KUA Kec.Kebayoran Baru Jl.Kerinci No.20 Keb.Baru Telp.7393335
KUA Kec.Kebayoran Lama Jl.H.Saiman Buntu Pd.Pinang Telp.75909442
KUA Kec.Setia Budi Jl.Setia Budi Barat VII / 8K Telp. 5261876
KUA Kec.Mampang Jl.Kemang Timur 1/3 Telp. 7901913
KUA Kec.Tebet Jl.Tebet Barat Dalam 11 Telp. 8297707
KUA Kec.Cilandak Jl.Muhasyim VII/90 Cilandak Barat Telp. 7658558
KUA Kec.Pasar Minggu Jl.Jati Padang Raya No.52 Telp. 7822819
KUA Kec.Pancoran Jl.Rawajati Barat V Kel.Rawajati Telp. 7948428
KUA Kec.Pesanggrahan Jl.Beo No.19 Kel. Pesanggrahan Telp. 7365966
KUA Kec.Jagakarsa Jl.Sirsak No.97 Kel.Jagakarsa Telp. 7865026

E. Jakarta Timur

KUA Kec.Matraman Jl.Balai Rakyat Utan Kayu Matraman Telp. 8577053
KUA Kec.Jatinegara Jl.I Gusti Ngurah Rai Cip.Muara Telp. 8577966
KUA Kec.Pulo Gadung Jl.Balai Pustaka Rawamangun Telp. 4700994
KUA Kec.Kramat Jati Jl.Dukuh III No.3 Kramat Jati Telp. 87793173
KUA Kec.Pasar Rebo Jl.Makasar No.42 Kel.Pekayon Telp. 8707848
KUA Kec.Duren Sawit Jl. P.Revolusi No.47 Pd.Bambu Telp. 8602573
KUA Kec.Ciracas Jl.Penganten Ali Gg.AMD Kel.Ciracas Telp. 8413485
KUA Kec.Makasar Jl.Kerja Bhakti Gg.Abd.Gani Telp. 8003157
KUA Kec.Cipayung Jl.Bina Marga No.3 Telp. 8446808
KUA Kec.Cakung Jl.Kayu Tinggi Cakung Telp. 4611235

Rabu, 05 Oktober 2011

Enam alasan untuk resign


farewell-partySatu bulan yang lalu, teman saya mengajukan diri untuk resign. Tidak seperti yang saya bayangkan, kami malah mengadakan farewell-party : sebuah acara makan-makan yang sangat menyenangkan. :D

Saat itu saya berfikir, sebenarnya apa saja sih alasan resign?

Bagaimana mengatasi kesulitan dalam membuat kata-kata paling pas untuk disampaikan pada atasan saat mengajukan pengunduran diri sehingga terdengar cukup bijak dan diplomatis?

Tulisan ini bukanlah provokasi untuk Anda supaya resign dari tempat kerja sekarang. Tulisan ini hanyalah upaya untuk membantu Anda yang bingung membahasakan alasan untuk resign.

Berikut pilihan alasannya :

1. Aspek Hubungan Kerja, misalnya :

Anda tidak puas karena atasan kurang menghargai hasil kerja Anda. Ini pun harus Anda perdalam saat menjelaskan maksud ‘kurang menghargai’ itu. Beri gambaran konkret
Anda tidak puas karena atasan kurang memperhatikan dan menghargai pendapat bawahannya
Anda tidak puas karena atasan tidak bersedia mendengarkan keluhan-keluhan bawahannya
Anda merasa tersinggung karena atasan seringkali menegur kesalahan bawahan – termasuk Anda – di depan umum. Sekali lagi, probing apakah teguran itu pada level di atas ambang kewajaran atau tidak. Bisa jadi bawahannya-lah yang sering bermasalah :D
Anda merasa teman kerja tidak saling menghargai dan mempercayai satu sama lain

2. Pengembangan Karir dan Kemampuan/Skill, misalnya :

Jenjang karir tidak jelas
Kecilnya kesempatan untuk promosi
Kurangnya kesempatan untuk mengembangkan diri
Kurangnya kesempatan untuk mengikuti pelatihan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan

3. Sistem dan Prosedur, misalnya :

Anda merasa tidak puas karena kebijakan perusahaan tidak dikomunikasikan dengan baik kepada karyawan
Anda merasa tidak puas karena deskripsi tugas dan cara kerja perusahaan tidak jelas
Anda merasa Standart Operational Prosedure (SOP) di unit kerja tidak jelas dan tidak diikuti dengan baik

4. Salary and Benefit, misalnya :

Anda tidak puas dengan gaji yang diterima
Menurut Anda, gaji yang diterima tidak sesuai dengan tugas dan tanggung jawab
Anda tidak puas dengan tunjangan kesehatan dan perlindungan keselamatan kerja
Anda tidak puas dengan sistem insentif atau bonus dari perusahaan

5. Lingkungan dan Kenyamanan Kerja, misalnya :

Kurangnya sarana dan peralatan kerja yang mendukung pekerjaan
Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi lingkungan fisik pekerjaan

6. Beban Kerja, misalnya :

Tugas dan tanggung jawab kurang sesuai dengan minat
Anda merasa terbebani dengan jam kerja yang terlalu panjang
Pekerjaan yang Anda lakukan terasa membosankan
Bekerja di perusahaan tersebut membuat Anda tidak memiliki waktu cukup untuk bersama keluarga, teman ataupun sekedar menyalurkan hobi
Anda merasa beban kerja tidak sesuai dengan kemampuan fisik

Jika diperhatikan, alasan seseorang resign tidak melulu dikarenakan uang kan ya. Masih ada lima faktor lain yang cukup mempengaruhi apakah seseorang akan bertahan di perusahaan saat ini ataukah tidak.

Dan saat kantor baru menanyakan alasan keluar, tetaplah jaga nama baik kantor lama, jangan pernah menjelek-jelekkan. Karena jika Anda kurang diplomatis saat mengungkapkan alasan keluar, attitude Anda-lah yang akan dipertanyakan.

sumber:http://sanggita.wordpress.com/2009/03/11/enam-alasan-untuk-resign/

Selasa, 06 September 2011

penasaran tentang abab

Apa itu ABAP ?

Ditulis oleh Kang Yayan

ABAP adalah salah satu bahasa pemrograman generasi keempat (4GL) pertama kali dikembangkan pada tahun 1980an. Pada awalnya diperuntukan sebagai bahasa untuk laporan (Report language) khusus untuk SAP R/2 (Sistem SAP yang jalan di komputer mainframe) yang merupakan platform yang memungkin perusahaan besar mengembangkan aplikasi bisnis untuk logistik dan keuangan.

ABAP sebelumnya diambil dari singkatan dalam bahasa Jerman Allgemeiner Berichts aufbereitungs prozessor yang dalam bahasa Inggris berarti generic report preparation processor, yang kemudian berubah namanya menjadi Advanced Business Application Programming.

ABAP adalah bahasa pemrograman pertama yang memasukkan konsep Logical database (LDBs), yang memberikan abstraksi tingkat tinggi dari database tingkat dasar (dikenal pada manajemen sistem database). Pada awalnya ABAP diperuntukan bagi pengguna biasa (end-user) sehingga dapat memanipulasi datanya sendiri, akan tetapi bahasa pemrograman generasi keemapat ini (4GL) sangat kompleks untuk pengguna biasa, sehingga kemampuan programman yang cukup masih diperlukan untuk membuat program ABAP.

ABAP saat ini digunakan sebagai dasar pembuatan aplikasi client-server SAP R/3. SAP pertama kali meluncurkan produk R3 tahun 1992.
Perkembangan teknologi computer client-server yang terus melaju dengan pesat sepanjang tahun 1990an, banyak sekali aplikasi SAP dikembangkan menggunakan bahasa ABAP, hingga tahun 2001 saja hampir semua fungsi-funsi dasar system SAP R/3 ditulis dalam bahasa ABAP.
Tahun 1999 SAP meluncurkan Object Oriented Extention atau perluasan bahasa Object Oriented untuk ABAP yang dinamakan ABAP Objects yang dikeluarkan bersamaan dengan SAP R/3 Release 4.5.

Platform pengembangan terkini yang dikenalkan SAP saat ini adalah NetWeaver yang mendukung ABAP dan Java.

Berdasarkan pengalaman penulis sebagai konsultan SAP, bahasa pemrograman ABAP ini akan tetap bertahan dan terus dikembangkan oleh SAP, bahkan ada kecenderungan SAP akan memasukkan fitur-fitur yang dimiliki bahasa Java kedalam ABAP, dengan menguasai bahasa pemrograman ABAP yang merupakan salah satu kunci mengenal sistem SAP dan tentu saja akan menambah manfaat yang besar khususnya di dunia pasaran kerja khususnya SAP yang saat ini masih memerlukan pakar teknologi informasi yang menguasai ABAP.

sumber : www.komputer-teknologi.net

Rabu, 03 Agustus 2011

Bermain Dengan Lampu Caps Lock, Num Lock dan Scroll Lock.

Bermain Dengan Lampu Caps Lock, Num Lock dan Scroll Lock.

Ternyata Lampu Caps Lock, Num Lock dan Scroll Lock bisa dibuat menjadi lampu kelap – kelip seperti lampu disko dengan menggunakan sedikit script VBS.

Caranya sebagai berikut :

1. Buka Notepad anda.

2. Copy dan Paste script dibawah ini kedalam notepad anda.

Set wshShell =wscript.CreateObject("WScript.Shell")

do

wscript.sleep 500

wshshell.sendkeys "{CAPSLOCK}"

wshshell.sendkeys "{NUMLOCK}"

wshshell.sendkeys "{SCROLLLOCK}"

loop

3. Setelah itu save dengan nama finderonly.vbs

4. Buka file finderonly.vbs tersebut dan lihat Lampu Caps Lock, Num Lock dan Scroll Lock di keyboard anda. Maka akan terlihat kelap – kelip seperti lampu disko.

Untuk mematikannya caranya sebagai berikut :

1. Buka Task Manager atau tekan CTRL + ALT + DEL secara bersamaan.

2. Masuk TAB Processes

3. Cari Proses yang bernama wscript.exe dan klik tombol End Process maka lampu keyboard anda akan kembali seperti semula.

Selamat Mencoba

Senin, 14 Maret 2011

Memperkuat Sinyal Modem

Cara Membuat Antena Yagi CDMA GSM 3G Sistem Induksi. Seperti posting saya terdahulu bahwa ada beberapa cara menguatkan Sinyal Modem baik CDMA GSM GPRS 3G dan Wireless LAN diantaranya adalah menggunakan Teknik USB Extender dan Antena Luar. Berikut saya sharing bagaimana cara membuat Antena Yagi GSM CDMA 3G Sistem Induksi. Antena ini sangat cocok bagi Anda yang menggunakan Modem tanpa dilengkapi konektor antena luar. Antena ini saya buat sudah lama sekali sekitar 10 tahun yang lalu dan sekarang saya gunakan kembali untuk Modem CDMA 3G 800-MHz yang saya gunakan.
Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Antena Yagi CDMA 800-MHz Sistem Induksi :
  1. Batang alumunium persegi ukuran 1-cm x 2-cm panjang sekitar 100-cm berfungsi sebagai Boom
  2. Kawat kuningan diameter 2,5-mm secukupnya. Berfungsi sebagai elemen antena Yagi. Kawat ini biasa digunakan untuk bahan Las dan Anda dapat membelinya di toko-besi
  3. Kotak sambungan kabel Telepon. Kotak ini berfungsi sebagai tempat Driven dan penyambungan Kabel Coaxial
  4. Manik-manik Isolator Transistor berfungsi untuk mengisolasi/memisahkan antara kawat elemen dan Boom Alumunium supaya tidak ada hubungan secara mekanik dan elektrik
  5. Kabel Coaxial 50-ohm atau 75-ohm sepanjang 10-m s/d 15-m
  6. Kawat Email penampang 1-mm secukupnya. Kawat ini digunakan untuk membuat Kumparan Induksi Sinyal bagi Modem CDMA atau GSM
  7. Klem Antena untuk menggabungkan antena dengan tiang penyangga
  8. Isolasi secukupnya
  9. Lem Bakar secukupnya
  10. Lem G atau Alteco secukupnya
Nah untuk langkah-langkah cara pembuatannya saya kira tidak usah saya jelaskan. Yang jelas untuk membuat Antena Yagi CDMA 800-MHz Anda membutuhkan peralatan berupa Bor, Solder, Gergaji Besi, Tang Potong dan peralatan penunjang lainnya.
Berikut Dokumentasi Antena Yagi Modem CDMA 800-MHz Sistem Induksi yang saya buat :
Ini Antenanya :
Ini Kumparan Induksinya :
Pembuatan Kumparan Induksi disesuaikan dengan Ukuran/Bentuk Fisik Modem sekitar 4 lilitan.
Pemasangan Kumparan Induksi pada Modem :
Hasil Pengujian :
  • Tanpa Induksi Antena :
  • Setelah dipasang Kumparan Induksi :
Untuk Skema Antena Lengkap beserta gambar, ukuran dan cara pembuatannya sengaja saya berikan 2 ukuran untuk CDMA frekuensi 800-MHz dan CDMA frekuensi 1900-MHz. Silahkan di Download :
Sedangkan untuk mempercepat download dapat Anda gunakan IDM atau IDM Portable yang dapat Anda download Di Sini dan Di Sini.
Terdapat perbedaan sangat signifikan dimana saat Modem CDMA 800-MHz tanpa antena (di dalam kamar) sinyal menunjukkan NOL Bar dan saat dipasang kumparan induksi Sinyal Modem CDMA terjadi penguatan 100 % menjadi 5 Bar atau Full Bar dan sangat lancar digunakan untuk koneksi Internet CDMA. Saat itu Antena Yagi CDMA 800-MHz Sistem Induksi tersebut saya letakkan diluar rumah dengan ketinggian hanya 4,5-meter dari atas tanah dan tepat mengarah ke BTS Provider CDMA-nya yang berjarak sekitar 6-km.
Demikian mudah-mudahan bermanfaat…
artikel dari oprekzone.com ane perpanjang...:)

Kamis, 24 Februari 2011

KONSEP BARU KEGUNAAN QUALITY CONTROL




APA YANG DINAMAKAN QUALITY CONTROL

Manusia sejak awal, sudah memiliki penilaian kebutuhan suatu barang yaitu antara barang yang baik dan tidak baik. Maka dari sana sudah ada QC, karena sudah ada yang baik dan tidak baik, berarti masyarakat konsepnya mempunyai keinginan yang lebih maju dan lebih makmur.


Dalam pasar tradisional sering terlihat ada konsep QC yaitu seperti orang yang menjual buah – buahan, ada yang dipisah – pisahkan antara yang besar dengan harga yang mahal dan yang kecil dengan harga yang lebih murah, dan ada juga yang dicampur, pembeli tidak boleh memilih. Berarti dari sana ada konsep QC.

Untuk perusahaan kecil kontrol hanya dilaksanakan sendiri, termasuk kualitas oleh karena itu masalah QC tidak begitu penting, tetapi jika untuk perusahaan menengah dan besar seharusnya perlu adanya QC secara khusus. Untuk itu QC menjadi suatu bagian tersendiri (khusus).

Quality Control adalah profesi Inspecting, Testing, dan Grading. Dengan menggunakan statistik sebagai analisa angka-angka (data-data) yang tepat sebagai jawaban untuk pembanding dan estimasi hasil yang baik dan yang tidak baik dipisah-pisahkan (grading) untuk mencari mana yang dapat diterima (Accept) dan mana yang ditolak (Reject).

Tujuan pengusaha menjalankan QC adalah untuk mencari just to the point dengan cara yang fleksible dan untuk menjamin agar konsumen merasa puas, investasi bisa kembali, serta perusahaan mendapatkan keuntungan.

Bagian pemasaran dan bagian produksi tidak perlu memaksakan, tetapi perlu kelancaran dengan memanfaatkan data, inspection dan testing dengan analisa statistik dari QC yang disampaikan kepada pihak produksi untuk mengetahui bagaimana hasil kerjanya sebagai langkah untuk perbaikan.

Saat pelaksanaan QC dan testing bisa ditemukan beberapa masalah kualitas khusu, kemudian dibuat suatu study masalah khusus agar dapat dipergunakan untuk mengatasi masalah di bidang produksi.

Disamping tersebut di atas tugas QC yaitu : jika terjadi komplain atau return, mengadakan cek ulang dan menyatakan kebenaran return untuk bisa diterima atau tidak diterima secara terpisah lalu laporkan kepimpinan supaya bisa mengusut dan memberikan informasi ke departemen terkait untuk kemajuan proses berikutnya.

Untuk penyelesaian barang – barang seconds Quality juga merupakan tanggung jawab dan tugas QC.

KONSEP PELAKSANAAN QC TERHADAP DEPARTEMEN QC

Pada perusahaan besar maupun menengah, pelaksanaan tugas Quality Control diperlukan personil yang perpendidikan tinggi (sarjana) dan memiliki kemampuan untuk menganalisa data statistik, memiliki kemampuan dan pengalaman dalam manajemen produksi serta bersikap jujur, mampu menahan diri dan mempunyai loyalitas yang tinggi terhadap perusahaannya. Tidak takut menghadapi kesulitan dan tidak menerima jasa serta siap untuk tidak merasa sedih jika menerima kondisi yang pahit, sebab dari dulu berprofesi seperti ini tidak sederhana dan harus berirama (berfrekuensi), ahli di bidang teknologi dan pengalaman dalam mengatasi masalah personil. Karena QC adalah mendata hasil testing dan inspecting dari beberapa dept. produksi dan dari data tersebut diinformasikan sampai kepada tom manajemen, maka manajemen produksi biasanya kurang senang. Prinsipnya semua orang tidak begitu senang jika profesinya dikoreksi, apalagi manager – manager berusia muda, sifatnya merasa dirinya super dan sifatnya melawan arus adalah kuat sekali.

Untuk melaksanakan QC selain harus mendapatkan dukungan dari atasan, juga memerlukan seseorang yang mempunyai kedudukan tinggi dan bertanggung jawab, serta aktif dalam konsep QC, disiplin untuk memberikan konsepnya kepada semua orang, dan harus bisa bekerja sama, serta harus team work.

Dengan ini profesi QC bisa lancar dan bisa cepat mengalami kemajuan.

Sebagai QC jangan sekali-kali membuat informasi dan usulan yang tidak pas, hal ini akan menambah kesalahpahaman. Untuk hasil kualitas yang baik dan yang tidak baik, semua harus didata dan diinformasikan sampai ke manajemen bisa mengetahui permasalahanya. Sebagai QC harus mempunyai konsep dasar; bagaimana sering memberi usulan, saran atau proposal terhadap Departemen terkait yang terdapat kesalahan. Selain konsep juga harus mempunyai pemikiran, teknologi, skill serta mengerti permasalahanya, dan cara penyampaiannya harus sopan dan santun, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Memang kerja QC kadang-kadang insidentil dan antisipasi resolusi proposal, kami percaya konsep dasar dan pokok adalah menggunakan QC, maka di dalam penggunaan QC selain mampu menguasai teknologi dan ilmu secara umum, juga memerlukan pemikiran dari segi material dan spiritual. Jika tidak demikian mungkin berlawanan dan akan timbul perpecahan yang akhirnya tidak bermanfaat untuk perusahaan.

Perlu kita ketahui segenap anggota QC harus bekerja dalam kondisi adil terhadap profesinya dan dengan sungguh – sungguh mampu menemukan permasalahan yang serius akan tetapi penyampaiannya harus dengan kata – kata yang baik, sedapat mungkin dengan ramah dan netral.

Pada umumnya saat menerima klaim masing – masing departement hampir semua dengan menggunakan cara yang sama yaitu : proteksi diri sendiri kemudian melemparkan masalahnya dengan orang lain ketika menghadapi pengusutan dari atasannya.

Sesungguhnya kalim dari konsumen mencakup banyak penyebabnya.

Contoh : ada klaim barang konfeksi dari konsumen dan yang pertama kali harus menerima dan bertanggung jawab seharusnya bagian Garment (konfeksi), tetapi mereka dapat mencari cacat yang asalnya bukan dari konfeksi, misalnya miss print yang cacat dari bagian printing atau double pick yang cacat dari kain grey, padahal ada teknologi tambal sulam yang harus dikuasai tapi saat proses konfeksi tidak mampu, sehingga standarnya tidak sesuai dan dalam percakapan menghindari masalah yang sesungguhnya, sehingga membuat hal yang negatif. Kemudian setelah dianalisa oleh QC ternyata ditemukan masalah printing 10% dari kain grey 10% dan yang 70% dari konfeksi, sedang untuk yang lainya 10% ini hasil analisa disalah satu perusahaan tekstil yang menengah dan yang besar. Oleh karena itu bukan setiap departement harus berhati – hati, tetapi yang terpenting adalah masalah konfeksi yang harus diperkuat dalam melatih tenaga kerjannya dan tidak perlu membuang-buang waktu untuk ribut-ribut yang tidak menemukan titik sasarannya serta tidak mencapai tujuan, dalam mengatasi permasalahan yang lebih baik.

PANDANGANORANG UMUM TERHADAP QUALITY CONTROL

Pada umumnya pejabat yang bersangkutan hanya berkonsep QC, jika pendirian tidak sama, konsepnyapun tidak sama.

Menjalankan profesi QC didalam perusahaan, konsepnya harus tepat,mampu bekerja sama, pembagian tugas yang adil, kreatif dan rajin serta harus team work.

Secara umum ada beberapa konsep QC, antara lain :

  1. konsep QC antara pembelidan penjual pada negara yang mempunyai standar kehidupan dan selera serta permintaan konsumen yang tidak sama, yaitu :

è ada konsumen yang mempunyai permintaan mengharuskan kualitas produksi pada tingkat paling atas. Walau harganya tinggi tidak jadi masalah, misalnya : untuk label /merk yang ternama contoh : seperti di negara eropa, Amerika dan jepang pada saat ini.

è Ada konsumen yang mempunyai selera harganya murah walaupun kualitas produksinya kurang tidak jadi masalah, misalnya Afrika, timur tengah atau konsumen dari pedesaan.

è Ada konsumen yang maunya harganya murah, kualitas bagus dan deliverynya cepat dan tepat, biasanya para pengusaha.

  1. konsep QC dari pengusaha dapat dibagi – bagi sesuai dengan kesuksesannya :

è hasil kualitas yang baik, dapat memuaskan konsumen dan mendapatkan keuntungan serta memerintahkan bawahan untuk betul – betul bertanggung jawab.

è Harus mengadakan percobaan dan pembuktian terhadap standar kualitas yang dicurigai dan tidak perlu khawatir jika terjadi kegagalan, harus ada kemauan dan tekad untuk mengambil pengalaman demi mengurangi kerugian yang lebih nyata.

è Meminta kepada bawahan untuk menjual hasil yang ”O” defect, dan tidak dibenarkan terjadi barang second Quality menumpuk di gudang.

è Ada beberapa pimpinan yang menerima klaim dari konsumen tetapi harus benar – benar tepat dan ada yang mengganti dengan mengubah syarat harus dapat menemukan penyebabnya supaya bisa untuk diperbaiki. Dan jangan sampai menempatkan orang yang tidak mampu dan tidak mudah melakukan kesalahan serta harus maklum terhadap hati sanubari mereka.

Memberikan pelayanan terhadap masyarakat juga harus dipelihara dengan baik dan bertanggung jawab terhadap anak buahnya yaitu dengan memperhatikan kehidupan dan kesejahteraannya, rasa aman dan adil sehingga anak buah tersebut ada kemauan bertanggung jawab terhadap konsep QC yang diberikan.

è Sehingga barang hasil produksi apa yang paling parah jika terjadi kesalahan dari pihak produksi harus dikenakan ganti rugi.

  1. konsep QC dari pihak / unit produksi

è para karyawan diproduksi harus mau mengerti dan bertanggung jawab apabila terdapat salah satu produksinya cacat. Dengan ini masalah kualitas produksi yang harus menjadi tanggung jawabanya jangan sampai jelek terus menerus. Dalam konsep pokok QC didalam proses produksi ialah baik buruknya barang produksi adalah merupakan tanggung jawab manager produksi. Bagian QC tidak berhak mencampuri urusan ini, karena tidak demikian sistem kerja QC didalam kenyataannyatidak bisa leluasa dijangkau. Contohnya : karyawan / karyawati tidak tahu menahu sehingga pihak pimpinan memiliki kesempatan untuk melempar tanggung jawabnya. Dari sini bisa menjadi penyebab kesalahpahaman, sehingga terjadi masalah yang tidak baik

è konsep QC terhadap bagian produksi :

hasil produksi di cross check lagi oleh bagian QC dan hasilnya diinformasikan kepada bagian produksi dengan data yang jelas sebagai komunikatif, kemudian ditindaklanjuti oleh QC.

Hal ini sama seperti kepala keluarga yang memepunyai anak – anak yang sekolah, dan dari pihak sekolah memberikan informasi berupa rapor (hasil study dari anak tersebut) kepda orang tuanya, agar orang tua tersebut bisa mengetahui kondisi anaknya disekolah, biasanya untuk hasil yang baik mendapatkan hadiah dan untuk hasil yang tidak baik diberikan pengarahan agar mereka bisa berubah lebih maju.

sumber : http://iman2us.blogspot.com/2008/11/quality-control-pengendalian-mutu.html




Selasa, 22 Februari 2011

Langkah membangun jaringan komputer

Kita akan belajar cara memasang konektor RJ-45 pada kabel UTP dan memasangnya ke dalam PC, namun kalau sobat belum pernah membacanya silahkan baca Setelah jaringan secara fisik terinstall, maka sobat harus mengkonfigurasi IP Address masing -masing computer sehingga dapat saling berkomunikasi/terkoneksi. IP Address adalah pengalamatan jaringan computer yang terdiri dari 32 bit biner. Untuk membuat jaringan LAN sobat dapat menggunakan IP Address salah satu kelas dibawah ini :
Kelas A : 10.x.x.x dengan subnet mask 255.0.0.0
Kelas B : 172.16.x.x – 172.31.x.x dengan subnet mask 255.255.0.0
Kelas C : 192.168.x.x dengan subnet mask 255.255.255.0 Dalam satu jaringan LAN, semua komputer harus menggunakan kelas yang sama. Pada praktek kali ini kita menggunakan Kelas C. Karena jumlah computer yang terkoneksi sedikit, dimana kelas C ini mampu mengkoneksikan maksimal 254 komputer. Jadi kita menggunakan IP:
  • 192.168.x.x dengan Subnet 255.255.255.0
255.255.255.0 maksudnya 24 bit pada IP Address merupakan network address sedangkan 8 bit berikutnya adalah host ID (ingat 255 jika dibinerkan ada 8 bit yaitu 11111111). Nilai x di atas dapat di isi terserah dengan range 1 - 254. Jadi :
  • 192.168.x Adalah Network address sedangkan x Host ID
Jadi Range alamat IP Address LAN kita nantinya = 192.168.1.1 – 192.168.1.254 Subnetmask 255.255.255.0 (jika bingung dengan keterangan di atas, selalu pakai range IP Address ini saja bila ingin membangun LAN, ga usah pusing-pusing mikirin teori di atas).
Pada kali ini kita akan menggunakan network address 192.168.1 dan host ID antara 1 -254. (Nama pada masing-masing computer harus unik artinya jika ada computer dengan IP Address 192.168.1.1 maka tidak boleh ada computer lain dalam satu LAN yang mempunyai IP Adress tersebut).
Cara Mengeset IP Addess adalah sebagai berikut :
  1. Click Start | Setting | Control Panel sampai keluar kotak dialog Control Panel.
  2. Double-Click Icon Network Connection sampai keluar kotak dialog Network Connection.
    Gambar 1.1 : Dialog Network Connection
  3. Double-click Icon Local Area Connection sampai keluar kotak dialog Local Connection Area Status.
    Gambar 1.2 : Dialog LAN Area Connection
  4. Double-Click Internet Protocol (TCP/IP) yang ada di dalam kotak dialog Local Area ConnectionProperties sampai keluar kotak dialog baru : Internet Protocol (TCP/IP) Protocol.
    Gambar 1.3 : Dialog TCP/IP
  5. Klik use the following IP Address , Masukkan data-data IP Address. IP Address computer 1 adalah 192.168.1.1 komputer 2 : 192.168.1.2 dst, dengan subnet mask 255.255.255.0, sedangkan untuk gateway dikosongkan saja, karena jaringan LAN tidak terhubung ke jaringan LAN lain/internet.
    Gambar 1.4 : Mengisi IP Address
  6. Setelah data-data setting TCP/IP ini dimasukkan, click OK untuk menutup kotak dialog Internet Connection (TCP/IP) Properties.
  7. Click OK untuk menutup kotak dialog “Local Area Connection Properties”
  8. Click Star | Run, sampai keluar kotak dialog RUN, dan ketikkan CMD sampai keluar kotak dialog baru “command”.
  9. Di kotak dialog “Command” tadi, ketikkan : ipconfig . Jika Ethernet dari computer belum tersambung dengan LAN, akan keluar hasil seperti gambar dibawah.
    Gambar 1.5 : Ipconfig (sorry gbrnya pake IP 134.114.70.143 dan ada gatewaynya, seharusnya 192.168.1.1 dan ga ada gatewaynya)
  10. Lakukan test ping koneksi dengan computer sebelah (computer dengan ip address 192.168.1.2,
  11. 192.168.1.3, dsb), dengan mengetik pada command prompt: ping 192.168.1.2
  12. Jika terkoneksi maka akan muncul tulisan berikut: Pinging 192.168.1.1 with 32 bytes of data: Reply from 192.168.1.2: bytes=32 time=3ms TTL=64 Reply from 192.168.1.2: bytes=32 time=3ms TTL=64 Reply from 192.168.1.2: bytes=32 time=2ms TTL=64 Reply from 192.168.1.2: bytes=32 time=2ms TTL=64

SHARING FILE DI WINDOWS XP

Untuk melakukan sharing files lakukan langkah-langkah sebagai berikut : (hal di bawah dilakukan pada semua computer yang terkoneksi di LAN untuk mengatur user siapa saja yang dapat mengakses computer)
Langkah 1 :
  • Buka windows explorer dan navigasi ke sini: Tools | Folder Options | View | Advanced Settings… scroll ke bawah sampai options “Use simple file sharing (recommended)” => non aktifkan/unchecked option ini.
Langkah 2 :
  • Control Panel | AdministrativeTools | Computer Management | Local Users & Groups | Users klik kanan di right pane dan pilih “New User”:
    • Isi kolom username, password, dan confirm password => ini username & password yang mau dikasih hak untuk akses folder yang mau dishare.
    • non aktifkan/unchecked option “User must change password at next logon”
    • aktifkan/checked option “User cannont change password ” dan “Password never expires”
    • Click “Create”, maka user baru pun sudah terbuat
    • Tutup console/window “computer management” tsb.
Langkah 3 :
  • Buka windows explorer dan klik kanan di folder yang mau dishare, pilih “Sharing & Security”, pilih option “Share this folder”, click “Permissions”.
  • Pilih yang “Everyone” (defaultnya sudah terpilih), dan click “Remove”. Click “Add” lalu masukkan username yang baru dibuat diatas pada textbox “Enter the object names to select” kemudian click “Check Names”.
  • Click “OK” (sampai seluruh context menu sharing tertutup semua) .
Misal sobat akan sharing file di computer mempunyai alamat IP 192.168.1.2 maka caranya adalah :
klik Start | Run : \\192.168.1.2
kemudian masukkan user dan password , user yang boleh mengakses computer 192.168.1.2 maka akan nampak folder yang boleh di sharing pada computer 192.168.1.2

SHARING PRINTER DI JARINGAN

Dengan adanya printer sharing maka satu computer dapat digunakan oleh semua computer dalam jaringan LAN, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Klik start | printers and faxes.
  2. Pilih printer yang akan kita shares dan pilih sharing.
    Gambar 1.6 : Printer Sharing
  3. Beri nama printer (yang akan muncul di network ) pada share name dan klik OK.
    Gambar 1.7 : Nama Printer
Semoga Bermanfaat.

Jumat, 26 November 2010

CARA MENGHITUNG TRANSFER RAM & TRANSFER RATE

Dalam menghitung waktu transfer data suatu RAM adalah menggunakan satuan Nanosecond ( ns ), atau disebut juga dengan waktu yang dibutuhkan oleh RAM untuk mengirimkan 1 bit data ke processor.
  1. Sebagai contoh adalah kita akan menghitung waktu transfer dari RAM DDR3 dimana pada contoh ini kita menggunakan RAM DDR 3 PC 12800 artinya memiliki bus sebesar 1600 Mhz.
  2. Selanjutnya kita akan mengkonversikan dulu satuan Hertz. Dimana 1 Mhz = 1.000.000 Hertz, artinya RAM DDR3 dengan bus sebesar 1600 Mhz = 1.600.000.000 Hertz. Jadi dapat kita simpulkan sebagai 1600 Mhz = 1 / 1.600.000.000 second
  3. Berikutnya adalah dengan mengkonversikan satuan detik menjadi nanosecond ( ns ). 1 detik sama dengan 1.000.000.000 ns ( nanosecond). Perlu kita ingat lagi bahwa 1 detik sama dengan 1 miliar nanodetik.
  4. Kemudian kita kalikan bilangan : 1/1.600.000.000 x 1.000.000.000 = 0.625 ns. Jadi RAM DDR3 PC 12800 memiliki waktu tranfer data sebanyak = 0.625 nanosecond
Selanjutnya adalah kita akan menghitung tranfer rate RAM DDR3. Memory DDR3 memiliki kecepatan transfer 2 kali lipat dari RAM DDR2. Transfer rate merupakan kapasitas data yang dapat dikirimkan sebuah RAM ke processor dalam satuan Megabytes/secon (MB/s).
Sebagai contoh :
RAM DDR3
  1. Sebuah RAM DDR3 PC 12800 yang memiliki memory clock ratenya sebesar 200 Mhz.
  2. 2. Untuk memory DDR3 kita akan menggunakan Rumus berikut = transfer rate (memori clock rate) × 4 (bus clock multiplier) × 2 (untuk data rate) × 64 (jumlah bit yang ditransfer) / 8 (jumlah bit / byte).
  3. 3. Kemudian tinggal kita masukkan angka perhitungnya menjadi = ( 200 x 4 x 2 x 64 ) / 8.
  4. 4. Maka hasilnya akan sama dengan 12.800, artinya sebuah RAM DDR3 dengan memory clock 200 Mhz memberikan transfer rate maksimum 12800 MB/s.
  5. 5. Dengan adanya teknologi Dual Channel saat ini maka transfer rate 12.800 MB/s akan dikalikan dua, dan menghasilkan 25.600 MB/s
RAM DDR2
  1. Sebuah RAM DDR2 PC 6400 yang memiliki clock ratenya sebesar 800 Mhz
  2. Lebar data (width) sebuah RAM adalah 64-bit, atau dikonversikan kedalam satuan byte sama dengan 8 byte. Yaitu 1 byte = 8 bit.
  3. Transfer Rate = Bus (MHz) x Lebar Data (Byte)
  4. Transfer Rate = 800 MHz x 8 Byte = 6400 MB/s. artinya sebuah RAM DDR2 dengan memory clock 800 Mhz memberikan transfer rate maksimum 6400 MB/s.
  5. Dengan adanya teknologi Dual Channel saat ini maka transfer rate 6.400 MB/s akan dikalikan dua, dan menghasilkan 12.800 MB/s
Melalui contoh diatas dapat kita simpulkan bahwa RAM DDR3 memang memiliki kecepatan transfer data 2x lebih cepat dari RAM DDR2.
Kelebihan RAM DDR3
  • Bandwidth lebih tinggi (sampai dengan 1600 MHz)
  • Peningkatan performa pada daya yang lebih kecil.
  • Pada laptop, baterai akan lebih tahan lama.
  • Operasional memritambahan untuk meningkatkan kinerja, efisiensi dan margin timing
  • Memungkinkan beberapa kepadatan tinggi, rendah tegangan modul pilihan untuk server, desktop, notebook dan aplikasi.
Kekurangan RAM DDR3
  • Modul memori DDR3 tidak kompatibel ke belakang untuk motherboard berbasis DDR2
  • Harga yg mahal dibandingkan RAM DDR2
Posted by :
Evans Winanda Wirga

Rabu, 24 November 2010

seputar interview

nah buat kalian yang sering banget interview dan merasa agak kurang pede dan suka kelagepan ngomongnya (termasuk gw)..:D...buat ngobrolnye sama user, nah ni ada ada bacaan lumayan bagus..sok atuh kang ato teh nuhun dibaca..mangga..!!!

Pernah bingung atau mungkin resah ketika akan menghadapi wawancara kerja? Pastinya anda pernah merasakannya ya. Nah supaya pengalaman yang sama tidak menjadi momok menakutkan lagi, berikut ini kami sampaikan beberapa kiat dan tips untuk menjawab pertanyaan seputar wawancara pekerjaan. Tapi jangan buru2 dulu, karena dalam bagian pertama ini, kami akan mengulas seputar pertanyaan dan jawaban yang mungkin anda pilih, sedangkan untuk evaluasinya akan dibahas pada bagian kedua.

Kita mulai ya.

Pertanyaan 1: “Mari kita mulai dengan menceritakan tentang siapa Anda.”

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya lahir di Bandung. Ibu saya usaha katering dan ayah saya seorang dosen. Selepas SMA saya kuliah di UGM jurusan akuntansi. Saya sudah bekerja selama 5 tahun di perusahaan asing sebagai asisten auditor. Kemudian saya pindah ke bank swasta nasional dan bekerja 2 tahun sebagai auditor internal. Dan di perusahaan terakhir ini saya baru bekerja selama setahun sebagai manajer keuangan.

(B) Saya pernah bekerja di bidang pelayanan pelanggan selama 7 tahun. Dalam pekerjaan terakhir, saya memimpin sebuah tim beranggotakan 8 orang. Saya memiliki kemampuan komunikasi dan hubungan antarpersonal yang luar biasa, dan itulah yang memungkinkan saya bekerja dengan orang banyak pada beragam tingkatan. Saya punya latar belakang bekerja di perusahaan besar maupun kecil. Keunggulan saya adalah kemampuan dalam mengorganisasi dan mengoordinasikan proyek untuk memastikan agar tenggat waktu terpenuhi.

(C) Senang sekali. Apakah Anda ingin mengetahui kehidupan pribadi saya atau pengalaman kerja saya? Mana yang Anda inginkan?

Pertanyaan 2: “Mengapa Anda meninggalkan—atau mengapa Anda berencana meninggalkan—pekerjaan terakhir Anda?”


Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Perusahaan melakukan reorganisasi, dan departemen saya dihapus. Pekerjaan mulai membingungkan, dan itu tidaklah mengejutkan. Saya menyukai pekerjaan saya dan orang-orang yang bekerja dengan saya, sehingga saya berharap hal itu tidak mempengaruhi kami, tetapi sayangnya kami semua harus pergi. Saya akan mencari pekerjaan yang sama dengan pekerjaan itu.

(B) Saya sedang mencari tantangan baru. Saya telah bekerja di perusahaan itu selama 2 tahun dan tidak mendapati pekerjaan itu semenarik yang pernah saya lakukan. Saya mencari sebuah perusahaan di mana saya dapat menghadapi tantangan-tantangan baru dan berkembang. Pekerjaan saya yang sekarang ini benar-benar sudah buntu bagi saya.

(C) Karena tidak ada peluang lagi di perusahaan itu, saya akhirnya memutuskan bahwa inilah waktunya untuk mencari pekerjaan baru. Saya telah menetapkan beberapa jenjang karir untuk diri saya dan itu tidak dapat saya capai di perusahaan itu. Yang saya cari adalah sebuah pekerjaan di perusahaan besar di mana saya dapat memberikan kontribusi, namun juga dapat menjajaki jalan karir yang memiliki lebih banyak tanggung jawab.

Pertanyaan 3. “Mengapa Anda ingin bekerja di sini?”

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

(A) Saya melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik, dan perusahaan Anda berada di puncak daftar saya. Saya melakukan riset itu berdasarkan reputasi perusahaan, tingkat kehandalan produknya, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana karyawan-karyawannya memandang pekerjaan di perusahaan itu. Saya melakukan pekerjaan yang terbaik ketika tujuan dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan. Saya tahu bahwa saya dapat menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan dan memiliki banyak kontribusi.

(B) Saya melihat lowongan kerja itu di internet. Pekerjaan ini sangat tepat untuk keahlian dan kemampuan saya. Saya melihat ini sebagai kesempatan nyata untuk menemukan tantangan. Saya ingin bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh, berkembang, dan tertantang. Saya mencari perusahaan dengan catatan finansial yang solid dan prestasi industri—seperti perusahaan Anda. Saya tahu saya akan cocok di sini dan mampu “menyatu sampai ke dasar.”

(C) Ketika saya melihat lowongan itu di koran, saya sadar itulah pekerjaan yang tepat untuk saya. Saya adalah penggemar produk kain Anda dan selalu membelinya di toko. Saya akan senang sekali dapat bekerja di sini. Sangat penting bagi saya bahwa perusahaan tempat saya bekerja mempunyai reputasi dan produk yang bagus. Saya melihat ini sebagai kesempatan besar bagi saya untuk bekerja di perusahaan besar yang benar-benar saya kagumi.

Pertanyaan 4. “Apa tujuan yang hendak Anda capai?”

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

A). Tujuan saya adalah bekerja untuk perusahaan di mana saya dapat tumbuh dan akhirnya menjadi seorang manajer marketing. Saya ingin memimpin sebuah tim yang terdiri dari orang-orang terampil dan memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Saya tertarik pada perusahaan yang berpikiran ke depan dan berorientasi pada pertumbuhan.

B). Saya ingin bekerja di sebuah departemen yang mempercayai pelatihan lintas fungsi. Saya beranggapan bahwa itulah cara terbaik untuk belajar dan melihat gambaran yang lebih besar dalam sebuah perusahaan. Pada akhirnya, saya berharap kembali ke sekolah untuk mendapatkan gelar MBA. Saya pikir itu akan memperluas ilmu saya, sehingga suatu hari saya dapat memiliki perusahaan konsultan sendiri, yang bekerja secara nasional maupun internasional.

C). Saya membagi tujuan ke dalam tujuan-tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang di kepala. Saat ini saya mencari sebuah posisi dalam sebuah perusahaan dengan catatan prestasi yang solid. Saya ingin memberikan kontribusi pengalaman-pengalaman saya di bidang ini. Tujuan jangka panjang akan bergantung pada perjalanan karir yang ada di perusahaan ini. Idealnya, saya ingin berkembang secara progresif dalam sebuah perusahaan.

Pertanyaan 5. “Apa keunggulan yang Anda miliki?”

Pilihlah jawaban yang paling kuat.

A). Keunggulan saya adalah keahlian mengelola sumber daya manusia. Saya suka bekerja dengan orang banyak dan membantu mereka menyelesaikan persoalan. Pelanggan sangat penting bagi saya, dan saya pun mengatakan hal itu kepada mereka. Saya menerima banyak umpan balik yang positif tentang keahlian saya dari para pelanggan.

B). Keunggulan saya adalah kombinasi antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan beragam pelanggan. Saya memandang diri saya sebagai ahli pengumpul data, tetapi apa yang membuat daya saing saya adalah kemampuan untuk bekerja secara langsung dengan para pelanggan dan mencari akar persoalan. Saya mampu mengolah permasalahan-permasalahan yang rumit ke dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, sehingga pelanggan dapat memahami apa yang saya katakan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah menerima penghargaan di bidang pelayanan pelanggan.

C). Saya memiliki latar belakang yang kuat dalam pelayanan kepada konsumen. Baik konsumen internal maupun eksternal. Saya dapat membanggakan kemampuan yang saya miliki dalam hal bekerja dengan orang banyak dan menyelesaikan persoalan. Selama 2 tahun terakhir ini saya telah terpilih sebagai tenaga pelayanan pelanggan terbaik setiap kwartal.

5 pertanyaan dulu ya, kira2 mana yang menjadi jawaban anda?

Selasa, 19 Oktober 2010

Indonesia Masuk 15 Angkatan Perang Terbaik Di Dunia

Mungkin kita boleh sedikit berbangga dirilah, karena bangsa tercinta kita Indonesia masuk ke jajaran 15 besar Angkatan perang terbaik dari seluruh dunia. Dan ini bukan informasi peringkat yang hoax atau abal-abal, karena peringkat ini telah diteliti oleh pihak-pihak yang berkompeten dari orang luar sono. :)

Jadi.. bahwa Tidak ada sama sekali alasan untuk Indonesia takut dengan Negara lain, entah itu Amerika Serikat, atau yang sedang hangat2nya sekarang dengan Malaysia sekalipun :D , karena Tentara Indonesia, termasuk yang terbaik di Dunia, berikut datanya yang kami kutip dari situs globalfirepower.com yang memberikan peringkat Angkatan Perang Terbaik dari seluruh negara di Dunia.

Angkatan Perang Terbaik Di Dunia

सुम्बेर चंद्रन.com

Jumat, 30 Juli 2010

Sistem Informasi Penyewaan Alat-alat Pesta

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi pada saat ini sangat pesat, sehingga manusia dalam mengerjakan setiap pekerjaan selalu membutuhkan komputer. Komputer memiliki peranan yang sangat vital dalam pemecahan masalah khusus dalam pengolahan data, karena komputer memiliki kecepatan tingkat akurasi yang tinggi dalam pemrosesan data, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia. Informasi telah menjadi sumber daya penting yang perlu dikelola dengan baik sebagaimana sumber daya lain dan komputer elektronik memungkinkan untuk memperoleh informasi secara lebih cepat, tepat dan akurat.
Teknologi Informasi digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk melakukan pengolahan data tersebut.
Perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan distribusi baik barang maupun jasa guna memenuhi kebutuhan manusia. Dari pengertian tersebut maka perusahaan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur. Perusahaan jasa banyak dijumpai di sekitar kita, contohnya perusahaan barang/jasa, perusahaan pengiriman barang, perusahaan elektronik, dan gedung-gedung bioskop.
Jasa penyewaan rental alat-alat pesta pada saat ini sangatlah berkembang, karena banyaknya jumlah pelanggan yang semakin hari semakin bertambah peminatnya untuk mengadakan suatu acara pesta, pertemuan atau acara-acara khusus lainya.
Bisnis jasa yang bergerak dalam bidang penyewaan alat-alat pesta ini sangat dibutuhkan oleh masyakat umum sekitarnya, karena dalam suatu acara pesta atau acara khusus yang lainnya biasanya membutuhan pasti membutuhkan suatu perlengkapan alat yang tidak mungkin dibeli oleh masyarakat yang hanya digunakan hanya dalam tempo satu atau dua hari saja pada acara tersebut, karena perlengkapan alat-alat pesta ini tidaklah murah, untuk itu dibutuhkan sebuah jasa penyewaan perlengkapan alat-alat pesta untuk mempermudah kebutuhan masyarakat. Dalam bisnis/jasa ini ada berbagai macam perlengkapan alat-alat pesta yang disediakan untuk keperluan pelanggan mulai dari tenda dekorasi, kursi, karpet, meja, taplak, karpet, AC, kipas angin, generator, lampu hias, permadani, dan lain-lain.
Alamanda adalah perusahaan bergerak dibidang penyewaan alat-alat pesta yang terletak di jalan raya lenteng agung jakarta selatan. Awalnya Alamanda adalah perusahaan yang kecil yang hanya menyediakan tenda dan bangku saja, namun seiring dengan berkembangnya usaha yang telah digelutinya semakin maju, alamanda terus meningkatkan usahanya agar semua kebutuhan pelanggan terpenuhi. Agar tidak ketinggalan jaman dalam pendekorasian , alamanda terus mengikuti perubahan agar pelanggan dapat memilih jenis sesuai keinginannya. Dengan meningkatnya jumlah pelanggan yang terus bertambah maka alamanda menyediakan berbagai kebutuhan seperti acara pernikahan, acara ulang tahun, pertemuan, dan lain sebagainya.
Untuk mempermudah dalam bertransaksi yang kian hari semakin banyak jumlah pelanggannya untuk menyewa dan kebutuhan barang pun yang akan disewakan akan semakin meningkat, maka dibutukan sebuah perbaikan sistem yang ada dari manual menjadi terkomputerisasi untuk mempermudah berjalannya sebuah proses bisnis tersebut.
Kegiatan operasional yang ada pada saat ini pada CV. Alamanda masih mengalami proses kurang lancar dalam melakukan suatu kegiatan transaksi pemesanan terhadap pelanggan, dan pelaporan pemesanan, keadaan barang, pembayaran, karena adanya human error yang menyebabkan kehilangan berkas data penting yang dapat merugikan pelanggan dan pemilik. Dengan kondisi tersebut CV. Alamanda akan mengalami kesulitan dalam melakukan transaksi jika keadaan CV. Alamanda masih bersifat manual yang mengakibatkan proses transaksi akan lebih lambat.
Agar masalah tersebut dapat teratasi, penulis memberikan suatu bentuk pemecahan masalah dengan mengembangkan suatu sistem informasi dan sekaligus sebagai bahan penulisan tugas akhir yaitu “SISTEM INFORMASI PENYEWAAN ALAT-ALAT PESTA PADA CV. ALAMANDA”.
Pembuatan program aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah dan meningkatkan kinerja pada bisnis penyewaan alat-alat pesta dalam melakukan pencatatan dan pengolahan data-data dan informasi serta transaksi-transaksi yang terjadi. Sistem tersebut dirancang dengan maksud agar dapat membantu dan memudahkan dalam kegiatan operasional pada CV. Alamanda yang menjadi tugas marketing, administrasi, operasional dan manajemen pemilik rental.

Jumat, 16 Juli 2010

tips windows




1. Menghilangkan Prefetch (ini adalah file log history windows,biasanya memperlambat kinerja windows)

- Run “regedit”

- Cari [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ CurrentControlSet\Control\ session Manager\ Memory Management\ PrefetchParameters\ EnablePrefetcher]

- Ubah nilainya menjadi 0 (disable)

- Reboot

2. Menghilangkan Recent Document
- run “gpedit.msc”
- klik Administrative Templates di bawah User Configuration
- klik Start Menu and taksbar
- klik Do not keep history of recenly opened documents
- pilih enabled

3. Membersihkan Recent Document
- run “gpedit.msc”
- klik Administrative Templates di bawah User Configuration
- klik Start Menu and taksbar
- klik Clear history of recenly opened documents on exit
- pilih enabled

4. Memodifikasi “Send To” pada klik kanan

- Explorer -> C:\Documents and Settings -> klik folder Administrator (atau sesuai dengan username kamu)

- Tools -> Folder Option -> View -> Show hidden File and Folder (untuk menampilkan file yang tersembunyi)

- Klik folder ‘Send To’

- Modifikasi (hapus atau buat shortcut baru) yang mau kamu tampilkan pada klik kanan ‘Send To’, bila kamu menghapus semua shortcut maka yang ditampilkan pada klik kanan ‘Send To’ hanyalah removable device semisal flashdisk

5. Mengembalikan ‘Show hidden File and Folder’ jika hilang atau terkena virus

- Copy paste script di bawah pada Notepad lalu simpan dengan ekstensi .reg , misal hidden.reg

- Double klik file hidden.reg

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Explorer\Advanced\Folder\Hidden]
“Text”=”@shell32.dll,-30499″
“Type”=”group”
“Bitmap”=hex(2):25,00,53,00,79,00,73,00,74,00,65,00,6d,00,52,00,6f,00,6f,00,74,\
00,25,00,5c,00,73,00,79,00,73,00,74,00,65,00,6d,00,33,00,32,00,5c,00,53,00,\
48,00,45,00,4c,00,4c,00,33,00,32,00,2e,00,64,00,6c,00,6c,00,2c,00,34,00,00,\
00
“HelpID”=”shell.hlp#51131″

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Explorer\Advanced\Folder\Hidden\NOHIDDEN]
“RegPath”=”Software\\Microsoft\\Windows\\CurrentVersion\\Explorer\\Advanced”
“Text”=”@shell32.dll,-30501″
“Type”=”radio”
“CheckedValue”=dword:00000002
“ValueName”=”Hidden”
“DefaultValue”=dword:00000002
“HKeyRoot”=dword:80000001
“HelpID”=”shell.hlp#51104″

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ Explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL]
“RegPath”=”Software\\Microsoft\\Windows\\CurrentVersion\\Explorer\\Advanced”
“Text”=”@shell32.dll,-30500″
“Type”=”radio”
“CheckedValue”=dword:00000001
“ValueName”=”Hidden”
“DefaultValue”=dword:00000002
“HKeyRoot”=dword:80000001
“HelpID”=”shell.hlp#51105″

6. Membuat Shorcut tanpa nama
- klik kanan shorcut
- rename
- tahan Alt+255 (ini adalah kode Ascii untuk ‘Space’, kalo tidak salah)

7. Menghilangkan Recycle Bin dari dekstop icon
- run “gpedit.msc”
- klik Administrative Templates di bawah User Configuration
- klik Dekstop
- klik Remove Recycle Bin Icon from dekstop
- pilih enabled

8. Memperbaiki Registry Windows :
- run “cmd”
- ketik “scanreg/restore”

9. Menghilangkan Run Dari start menu
- run “gpedit.msc”
- klik Administrative Templates di bawah User Configuration
- klik Start Menu and taksbar
- klik Remove Run from Start menu
- pilih enabled

10. Membuat background image pada drive atau flashdisk
- dari explorer pilih “Tools”
- pilih ‘Show hidden file’ dan uncheck ‘hide protected operating system file’
- OK

- misal, klik pada drive D: buat file dekstop.ini

- Isi dengan beberapa baris di bawah ini :

[.ShellClassInfo]

[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
Attributes=1

IconArea_Image=image.jpg
IconArea_Text=0×0000FF

- Save

- Kembalikan ’show hidden file’ & ‘hide protected OS file’ ke kondisi semula (opsional)

- Untuk flashdisk,copy paste file dekstop.ini beserta image yang ingin ditampilkan ke flasdisk kamu

Ket :

IconArea_Image=image.jpg -> mengarah pada nama file image kamu (nama harus sama,gunakan path jika image berbeda folder)
IconArea_Text=0×0000FF -> mengarah pada warna tulisan untuk foldermu (format blue-green-red) jadi,jika warna merah yang seharusnya RGB FF0000 menjadi BGR 0000FF,jika ingin warna hitam maka ganti dengan 0×000000

Minggu, 20 Juni 2010

Cara Membuat Album Foto Pada Blogspot Memakai Gadget

Tips cara membuat album foto pada blogspot ini sebenarnya sudah pernah saya berikan beberapa waktu yang lalu disini. Hanya saja posting yang pertama tersebut membahas bagaimana cara membuat slideshow album foto pada blogspot dengan memanfaatkan situs gallery foto yaitu www.slide.com. Untuk mengetahui trik pembuatan album foto di blog tersebut, pembaca boleh membukanya kembali disini. Blogspot sebenarnya menyediakan gadget yang berfungsi untuk membuat slide album foto pada blog kita. Namun, menurut saya gadget ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan slideshow yang kita buat dari www.slide.com, sebab tampilan slide foto yang kita dapatkan dari situs www.slide.com tersebut bisa kita customize sesuai kehendak kita mulai dari tipe slide, ukuran, animasi, dan lain-lain. Meskipun demikian, tidak ada salahnya jika kita mencoba gadget slide album foto blogspot ini, sebab kesederhanaan biasanya indentik dengan kemudahan dalam pengaplikasiannya. Berikut langkah-langkah menambah album foto pada blogger:

1. Login pada akun Blogspot Anda
2. Klik link menu Tata Letak pada halaman dasbor. Pastikan Anda berada pada sub tab menu Elemen Halaman
3. Klik link Tambah Gadget pada bagian dimana pembaca ingin memasang slide album foto tersebut
4. Akan muncul window Tambahkan Gadget yang berisi daftar gadget yang bisa kita tambah. Silahkan cari dan pilih gadget Tampilan Slide

5. Berikut pengaturannya:
Judul :
Isi dengan nama slide foto Anda.
Sumber :
* Album Web Picasa. Album ini merupakan album gambar yang telah Anda masukkan pada pada blogspot pembaca misalnya ketika menulis posting. Silahkan klik http://picasaweb.google.com untuk melihat album Anda.
* Flickr. Flickr merupakan situs yang menyediakan tempat menyimpan foto dan video. Untuk mendapatkan layanan ini, silahkan daftar atau login menggunakan Yahoo ID Anda di www.flickr.com.
* Photobucket. Ini hampir sama dengan flickr dimana kita bisa menyimpan foto dan video secara online pada situs tersebut. Untuk mendapatkan layanan ini silahkan register di www.photobucket.com
* Lainnya. Sumber selain yang 3 diatas.
Pilihan :
Memilih apakah berdasarkan kata kunci atau berdasarkan album
Buka link di jendela baru:
Centang jika ingin foto dibuka pada jendela baru ketika diklik
6. Sebagai contoh kita menambah slide foto menggunakan Album Web Picasa
Judul: beri judul slide album
Sumber : pilih "Album Web Picasa".
Pilihan : pilih "Album"
Nama Pengguna : masukkan ID akun Google pembaca. Misalkan akun Google pembaca adalah kampanye@gmail.com, maka isikan "kampanye"
Album : pilih album yang terdapat pada Album Web Picasa Anda. Perlu diperhatikan bahwa album yang muncul pada list tersebut adalah album yang diperuntukkan untuk "Public". Untuk melakukan pengaturan tersebut, silahkan masuk terlebih dahulu pada http://picasaweb.google.com (masuk menggunakan akun Google Anda). Klik tab "My Photos", setelah itu klik album yang ingin Anda atur parameternya.
Klik menu "Edit" kemudian pilih sub menu "Album Properties" sehingga akan muncul jendela "Edit album information".
Lihat dibagian paling bawah, akan ada pilihan "Visibility for this album". Silahkan pilih "Public". Kemudian klik tombol Save changes
7. Pratinjau album akan terlihat pada jendela tambah gadget tersebut.
8. Klik tombol SIMPAN

Untuk melihat contoh hasilnya bisa pembaca lihat disini (tapi maaf, gambarnya hanya 2 dan sama pula, jadinya gak kelihatan deh pergantian slidenya)

sumber:http://tutorial-website.blogspot.com/2009/03/cara-membuat-album-foto-pada-blogspot.html

Jumat, 18 Juni 2010

Memulai Karier Dari Awal Lagi

Walaupun sudah bekerja cukup lama, dengan posisi yang baik dan penghasilan yang lebih dari cukup, pernahkah Anda berpikir bahwa sesungguhnya pekerjaan ini bukan pekerjaan yang benar-benar ingin Anda lakukan? Terkadang muncul perasaan tidak puas, ingin mencoba sesuatu yang baru, hal yang benar-benar Anda minati. Mengikuti munculnya perasaan tersebut, Anda juga merasakan gejala lain yang seperti mulai melihat dan memfokuskan hanya pada hal-hal negatif dari pekerjaan, padahal banyak hal positif lain yang bisa Anda nikmati. Anda juga mulai melihat pekerjaan sebagai rutinitas yang membosankan, walaupun sesungguhnya posisi Anda yang cukup signifikan dalam perusahaan yang terus memberikan berbagai tantangan dalam tanggung jawab.

Saat inilah muncul keinginan untuk memulai pekerjaan dan karier baru. Terlebih lagi jika Anda sudah mengetahui passion atau panggilan jiwa Anda dalam bekerja, akan semakin besarlah keinginan untuk meninggalkan pekerjaan yang ‘mengeringkan’ jiwa Anda dan beralih ke hal yang benar-benar merupakan passion hidup Anda. Sebelum Anda menyerahkan tanggung jawab Anda sebagai seorang pemimpin dan memulai pekerjaan yang baru, ada beberapa hal yang harus jadi perhatian.


1. Think and rethink.
Sebelum meninggalkan semua yang telah dibangun dari awal untuk sesuatu yang belum tentu 100% cocok dengan Anda, pikirkan kembali hal yang membuat Anda tidak suka dari pekerjaan sekarang. Mungkinkah yang Anda tidak sukai adalah perusahaannya bukan pekerjaannya? Apakah Anda bosan dengan rutinitas dan perlu stimulasi lagi? Mungkinkah Anda hanya butuh istirahat sejenak? Apakah hal tersebut sesungguhnya bisa diatasi dengan mudah? Pikirkan kemungkinan bahwa Anda juga akan merasakan hal yang sama jika Anda bekerja di tempat yang baru.


2. Analisa kelebihan.
Bertahun-tahun bekerja dalam satu bidang tertentu yang bisa saja menjadikan Anda ahli. Namun memasuki bidang baru, walaupun memang disukai belum tentu membuat Anda memiliki tingkat keterampilan yang sama. Analisa lagi apakah passion dan kelebihan Anda cukup untuk memulai karier baru dengan konsekuensinya, terlebih lagi jika Anda nantinya harus memulai dari awal lagi, sementara posisi yang dipegang selama ini adalah pemimpin. Analisa juga apakah Anda memiliki transferable skill atau keterampilan yang selama ini dibutuhkan dalam pekerjaan yang lama, juga akan berguna di karier Anda yang akan datang. Contohnya keterampilan manajemen atau keahlian mengoperasikan software tertentu.


3. Be knowledgeable.
Hasrat yang besar dan kecintaan akan bidang tertentu harus diimbangi dengan kesediaan Anda untuk memperbaharui keterampilan yang dibutuhkan. Bekali diri Anda dengan pengetahuan, tip dan trik agar Anda mampu keep up dengan perkembangan bidang tersebut. Dapatkan informasi sebesar-besarnya termasuk resiko, persaingan dan segala konsekuensi yang akan Anda tanggung. Jika Anda ingin mengejar impian sebagai fashion designer yang memiliki butik sendiri, update diri dengan tren yang ada, tekhnik dan pemasarannya. Begitu juga dengan bidang lain.


4. Manfaatkan jejaring Anda.
Salah satu cara untuk memfasilisasi usaha Anda terjun ke bidang baru adalah dengan mendapatkan informasi dari jejaring Anda. Cara ini mungkin terkesan informal tapi seringkali ada hal-hal kecil yang harus Anda ketahui dari mereka yang telah lama berkecimpung di bidang tersebut. Seperti Jika Anda mengimpikan jadi penulis, ada etika tak tertulis bagaimana mendekati editor atau berapa lama Anda harus menunggu sebelum meminta konfirmasi tentang naskah Anda dari mereka.


5. Siapkan pengganti.
Sejalan dengan usaha Anda untuk membekali diri dengan hal yang dibutuhkan untuk berganti karier, mulailah untuk berburu pengganti yang potensial. Ini memang sesungguhnya tanggung jawab HRD, namun sebisa mungkin Anda juga turut ambil bagian dalam memilih. Jangan tinggalkan tim Anda tanpa pemimpin yang kompeten. Terlebih lagi jika Anda memimpin tim yang selama ini menganggap Anda sebagai role model yang mengayomi. Minimize rasa kehilangan dan muluskan masa transisi mereka dengan pemimpin baru yang Anda yakini kompeten dan berkualitas. Jangan putuskan hubungan dengan mereka dan ingatlah bahwa bisa saja dimasa depan mereka memegang peranan penting dalam karier baru Anda nanti.


Remember!

Anda mungkin tidak bahagia di tempat kerja Anda sekarang, tetapi belum tentu juga Anda akan merasa bahagia di tempat kerja Anda yang baru. Do your best!

Chandra Ming (General Manager JobsDB.com)

Robot Pelayan

Kode:

Rabu, 16 Juni 2010

Internet Via Bluetooth

Secara garis besar, langkah2 untuk connect internet via bluetooth modem adalah sbb :

1. Pairing device/hp dengan PC/laptop.

2. Detect modem. Jika HP-nya support bluetooth modem, maka di PC bisa diliat ci Control Panel –> Phone and Modem Options –> Tab Modem : akan muncul modem bluetooth.

3. Test modem. Pada Tab Modem di atas, klik modem yg akan di-test. Klik Properties, kemudian query modem.

4. Jika modem terhubung, akan ada respon dari modem.

5. Klik Advanced modem Setting. Pada isian Extra initialization command, isi dengan : +CGDCONT=1,”IP”,”APN_name”
#catatan : APN_name diganti dengan APN masing-2 operator, misal untuk IM3/Mentari, ganti APN_name dengan indosatgprs, sehingga extra initialization command menjadi : +CGDCONT=1,”IP”,”indosatgprs”

6. Buat dial-up connection. Klik Control Panel –> Network Connection –> Create a new Connection–>Connect to The Internet–>Set up manually–>Connect using dial up modem–>Isi nama ISP terserah anda, misal Indosat. Pada isian user name dan password ngikutin operator masing-2, untuk indosat, username :indosat, password : indosat
Pilih modem untuk koneksi dengan modem bluetooth yang tadi disetting (ingat nomor port COM-nya). Untuk nomor dial-up adalah : *99#

Selasa, 15 Juni 2010

Menghilangkan “Properties” untuk Data TCP/IP


2

Untuk terhubung ke dunia luar dalam internet, temen2 harus memiliki akses terlebih dahulu. Nomor IP merupakan salah satunya , jika dilingkungan kerja temen2 menggunakan LAN. Tidak hanya nomor IP yang penting, juga nomor DNS, Gateway, maupun WINS, juga merupakan data penting yang dapat menghubungkan temen2 ke dunia internet.

Karena data-data tersebut merupakan data diri temen2 di dalam jaringan, alangkah baiknya untuk dijaga keamanannya. Namun terkadang ada juga temen2 kita yang usil untuk merubah dengan sengaja data-data tersebut. Nah untuk itu ash punya tips yang dapat menjaga keamanan dari data temen2 tersebut.

Buka Start > Run lalu ketikan “gpedit.msc” (tanpa kutip) setelah itu enter…..

1

Maka akan terbuka jendela “ group policy “ Dan selanjutnya pilih Local Computer policy > User configuration > Adminitartive Tempaltes > network > Network Connections … Dan pada bagian kanan klik ganda pada “ Enable Windows 2000 Network Connections Setting For Administartor “.

2

Setelah itu aktifkan pilihan “Enable “ dan klik OK…

Dan sekarang pilih “ Prohibit Access to Properties Of Component of a LAN Connections”. Dan aktifxn juga pilihan Enable.. lalu klik OK.

Sekarang coba klik kanan pada “My Network Places “ dan pilih “properties” . kemudian klik ganda pada “Local Area Connections”. Dijendela status LAN tersebut klik “ Propertis” dan sekarang di jendela Local Area Connection Propertis tersebut temen2 tidak bias memilih opsi Propertis lagi sehingga IP tidak bisa di utak atik..

Minggu, 28 Maret 2010

serial number windows

Win XP Home OEM: JQ4T4-8VM63-6WFBK-KTT29-V8966

Win XP Home Retail: RH6M6-7PPK4-YR86H-YFFFX-PW8M8

Win XP Home Upgrade: RH6M6-7PPK4-YR86H-YFFFX-PW8M8

Win XP Media Center 2005:C4BH3-P4J7W-9MT6X-PGKC8-J4JTM

Win XP Prof Corp: XP8BF-F8HPF-PY6BX-K24PJ-TWT6M

Win XP Prof OEM: XJM6Q-BQ8HW-T6DFB-Y934T-YD4YT

Win XP Prof Retail: CD87T-HFP4C-V7X7H-8VY68-W7D7M

Win XP Prof Upgrade: CD87T-HFP4C-V7X7H-8VY68-W7D7M Run WPA_Kill.exe (in TOOLS\CRACK) to disable activation in non-corporate installs. CD NR 17 815

Windows 2000 Powered Network Attached Storage ( NAS ) SN:: RBDC9-VTRC8-D7972-J97JY-PRVMG CD NR 17 515 Microsoft Windows XP Professional Reduced Media Edition CD NR 17 516

Windows XP Corporate SP2 BONUS CUSTOM REAL CD NR 17 408

Microsoft Windows XP Pro Upgrade w/ Service Pack 2 Integrated SN:CD87T-HFP4C-V7X7H-8VY68-W7D7M CD NR 17 256

Microsoft Windows XP Media Center Edition 2005 [2 CDs] CD NR 16 643 SN: C4BH3-P4J7W-9MT6X-PGKC8-J4JTM

Windows XP Tablet PC Edition 2005 (c) Microsoft [2 CDs] sn: BGBHP-VGPP7-QHTXB-TPV36-CK8T8 16 544

Microsoft Windows XP Professional SP2 Integrated POLiSH 16 401 SN: MYV37-2YMH7-YBHVW-VXJHM-489TB

Microsoft Windows XP Corporate Ed. with incl. SP2 SN:FC8GV-8Y7G7-XKD7P-Y47XF-P829W CGJ2M-CFTXY-W4RBJ-BWTGB-VH2CB 16 171

Microsoft Windows XP Professional SP2 Integrated READ NFO SN:CD87T-HFP4C-V7H7H-8VY68-W7D7M RH6M6-7PPK4-YR86H-YFFFX-PW8M8 16 172

Windows XP Pro SP2 Intergrated TYPE Repack SN:BRP6M-RC9CJ-VWDRK-KP2C2-9QFGW 16 166

Windows XP Service Pack 2 RTM FINAL 16 115

Microsoft Windows XP Service Pack 2 Build 2162 Home Integrated SN:WWWJR-BX7CV-P32X2-C7VT3-QD6BP 16 043

MS Windows XP Professional SP2 RC2 beta build 2149 Intergrated SN:XP8BF-F8HPF-PY6BX-K24PJ-TWT6M 15 812

MS Windows XP MCE

Microsoft Windows XP Professional SP2 RC1 Integrated REPACK 15 389 SN:XP8BF-F8HPF-PY6BX-K24PJ-TWT6M

SUPPORTING USERS RUNNING THE MS WINDOWS XP OPERATING SYSTEM TRAINER 15 186

Microsoft Windows XP 64 Bit SP1 Integrated For 64 Bit Ext Systems 14 978

Ms Windows XP GR SP1 SN:4BR3X-4CP6X-2DTXP-FFDHT-7Q298 14 696

WINDOWS XP - Media Center Edition 2004*GERMAN* SN: KFX2B-HXQ68-78RWH-RPXPK-68DHM 14 460

Microsoft Windows XP Corporate Edition SP1a Intergrated SN: 7QVT6-T2738-WRKJB-YKRFQ-XVK98 11 684

Microsoft Windows Xp Media Center Edition PROPER

c82gj-yh627-72gbt-r7xv7-m7y4b SN: XJM6Q-BQ8HW-T6DFB-Y934T-YD4YT 11 324

Windows XP Home OEM: JQ4T4-8VM63-6WFBK-KTT29-V8966

Windows XP Home Retail: RH6M6-7PPK4-YR86H-YFFFX-PW8M8

Windows XP Home Upgrade: RH6M6-7PPK4-YR86H-YFFFX-PW8M8

Windows XP Media Center 2005: C4BH3-P4J7W-9MT6X-PGKC8-J4JTM

Windows XP Prof Corp: XP8BF-F8HPF-PY6BX-K24PJ-TWT6M

Windows XP Prof OEM: XJM6Q-BQ8HW-T6DFB-Y934T-YD4YT

Windows XP Prof Retail: CD87T-HFP4C-V7X7H-8VY68-W7D7M

Windows XP Prof Upgrade: CD87T-HFP4C-V7X7H-8VY68-W7D7M

Windows XP Tablet PC 2005: VJT7M-8KKHT-GXQ6B-RX639-94FMD DVD-260

Microsoft XP Corpor. Edition Service Pack 1 Intergrated PROPER Key: 7QVT6-T2738-WRKJB-YKRFQ-XVK98 9774 Microsoft Windows XP Service Pack 1 Final Key:VHGJJ-6WK8X-JT2DH-BK6JV-PVFQ4 9775

Microsoft Windows XP Slipstream Sp1 Corporate SN:3KFB7 X2Q3M 6MWFX W2Y7V C7M9D 9758

Microsoft Windows XP Corporate Ed. with incl. SP1 (c) Microsoft SN:3KFB7 X2Q3M 6MWFX W2Y7V C7M9D 9752

Windows XP Professional Retail
Serial# HJ32Y-3B3Y3-3X2HD-DJ43J-Q7D7G 9502

Windows XP SP1 (c) 2002 Microsoft SN:K2KB2-BDBGV-KP686-D8T7X-HDMQ8 9080

Windows.XP.Professional.64.Bit.Edition serial number: C4FPJ-HQCGP-QD3XC-2JF34-FT8Y6 8104

Microsoft Windows XP Corporate Edition CDKEY: FCKGW-RHQQ2-YXRKT-8TG6W-2B7Q8 7832

Windows XP Greece SN: MHBCT-6WVKJ-WD3Q3-9D9VJ-C9JJ6 7800

Windows XP Corporate Edition *PROPER PACK* FCKGW-RHQQ2-YXRKT-8TG6W-2B7Q8 6580 Microsoft Windows XP Professional
No Activation Required FCKGW-RHQQ2-YXRKT-8TG6W-2B7Q8 6572

Ms Office XP GR Prof.[3 CDs]SN :FPHY3-T6B6J-7CFJ9-W4HCT-964FM Publis: PQMVV-XDQ9Q-4C2HP-QK4TF-H4W4M 6482

Microsoft Office XP Developer Edition [3 CDs] CDKEY:FM9FY-TMF7Q-KCKCT-V9T29-TBBBG 5746

Microsoft Office XP Professional [3 CDs] FM9FY TMF7Q KCKCT V9T29 TBBBG 5595

MICROSOFT OFFICE FINAL XP CORPORATE EDITION cdkey: FM9FY TMF7Q KCKCT V9T29 TBBBG 5492