Senin, 04 Agustus 2014

Pasang Saklar Lampu Motor Matic Eagle Eye ( Xeon GT 125)

Peraturan pemerintah membuat kebijakan  motor keluaran tahun 2011 akhir sampai tahun ini, membuat lampu motor selalu ON ketika motor sedang dihidupkan, dengan adanya kebijakan seperti ini, kadang si pengendara motor, merasa risih apabila bila lampu selalu menyala, keluhan yang pertama adalah, kwatirnya lampu tidak tahan lama, yang kedua apabila masuk ke komplek, atau gang bahkan masuk ke komplek TNI lampu harus dimatikan, inilah yang membuat kita berinisiatif membuat saklar ON/OFF saat lampu ingin dimatikan.
kali ini jalan29 memberikan tips dan trik dalam membuat saklar holder xeon gt 125 atau dilebih dikenal denegan motor matic eagle aye, tanpa panjang lebar, kali ini admin akan memberikan solusi untuk memasang saklar atau holder pada motor Xeon GT 125 (Eagle Eye), tips dan trik ini berlaku untuk semua kendaraan bermotor, asalkan kalian paham mana sumber kabel yang mesti disambung.
sebelum langsung ke prakteknya langkah pertama yang harus disiapkan adalah;

1. Saklar lampu ( holder) motor xeon tipe lama (2010). holder ini sudah tinggal plug and play pada motor eagle eye  anda, karena desainnya tidak ada perubahan sama sekali, pada holder terdapat 2 soket,terdiri dari soket starter (langsung colok) dan dan soket lampu (mesti di putus kabelnya)










2. Kabel Listrik rumahan siapkan 1 meter, usahakan kabel dengan tembaga dengan serabut yang tebal, jangan yang tipis, agar menghindari panas pada kabel yang menyebabkan kabel terbakar

3. Solasi kabel, untuk membungkus kabel.

4. solder dan timah

Langkah2 Pemasangan Saklar lampu (Holder)

1. Bongkar Cover batok kepala, cover bamper depan dan cover lampu, pastikan baut pada ketiga cover tersebut terlepas, karena ada beberapa baut yang tersembunyi di balik topi batok kepala

2. jika cover sudah terlepas, masbro bisa langsung k titik kabel yang berada di pojok kanan, berwarna kuning merah, kabel yang menuju saklar lampu jauh deket diputus, lalu disambung kabel menuju saklar holder yang baru agan beli, kemudian kabel biru item yang berfungsi sebagai ground atau pemutus disambung dengan kabel lagi, lalu disambung k kabel yang beru diputus yang berwarna kuning merah.untuk lebih jelasnya bisa diliat gambar dibawah ini.





































3. setelah melakukan penyambungan kabel tersebut, seharusnya saklar sudah berfungsi dengan baik, ketika mesin dinyalakan lampu tidak akan langsung menyala terkecuali saklar holder diaktifkan ke tombol ON,

4. kemudian  bagaimana nasib lampu redupnya para bikers...!!! apakah secara otomatif lampu ikut mati juga..???jawabannya tentu tidak..lampu redup memiliki sambungan kabel berbeda..jadi yang harus dicarikan solusi adalah mencari sumber kabel untuk memutusnya, kemudian disambung menuju holder
berikut gambar langkah untuk mecari sumber kabel redup tersebut













sekian informasi dari saya, apabila kurang jelas pada point 4 silahkan untuk menuliskan komen dibawah ini okeray...

berikut hasilnya bro..bisa di tengok k youtube : http://www.youtube.com/watch?v=zX7AU3MHVbU

Selesai Membaca Jangan Lupa Bilang "Tengkyu ya" di commentnya...:D


30 komentar:

  1. Harga holder xeonnya brp tu gan?

    BalasHapus
  2. Mas saya mau nanya
    Motor saya Xeon GT 125
    Rencananya saya mau nambahin saklar on off lampu..
    Saya sudah mengikutin diagram kabel dari foto tsb dan hasilnya sukses utk lampu besar depan dan lampu belakang..
    Kendalanya ada di lampu senja..
    Utk di xeon gt 125..lampu senja pakai kabel biru-merah..nah kabel biru polos yg dari saklar saya sambungin menuju potongan kabel biru-merah dari soket kemudian saya gabungkan dengan kabel tambahan dari lampu belakang..
    Namun hasilnya saat tombol lampu senja dinyalakan hanya lampu belakang saja yg hidup..lampu senja/lampu kecilnya tetap mati..begitupun saat saya lepas kabel yg dari lampu belakang..untuk uji coba..nyatanya jg tetap sama..lampu senja tidak hidup
    Ada solusi rangkaiaanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi Begini masbro ceritanya...!!!
      jadi lampu senja itu beda jalur dengan lampu belakang,,artinya tidak ada pengaruhnya jika di lakukan penyambungan dari kabel merah..sooo pointnya masbro harus potong kabel biru item (lampu senja), dan disambung langsung menuju kabel biru(holder/Saklarnya)
      Inshaa allah pasti berhasil...dijamin 1000% Top Croot

      semoga berhasil

      Hapus
    2. Iyah mas broo..ane sudah sukses..jadi kmaren troublenya ada di lampunya..kalo jalurnya udh 100% bner..trusbknp kmaren g nyala..karna pampunya saya ganti dengan lampu led..yg arusnya dc.. Jd gmn bisa hidup..bohlam lampunya saya putar dudukannya 180 drjat..alhasil..lampubsukses hidup..terimakasih byk mas broo..idenya..
      Jgn lupa di share lagi ide2 kreatifnya

      Hapus
    3. oke deh..sip..thanks..semoga bermanfaat..

      Hapus
  3. Mas bro mau tanya soal pasang on off saklar untuk lampu senja... Jika sudah dipotong yang disambung ke saklar yang mana maa bro ? Apakah yang masih menempel dengan lampu ? Tjank mas bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. disambung ke saklarnya coy...!!
      disitu kan ada 2 kabel senja

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Memang holdernya bsa di ganti ya?
    Kok saya perhatikan holder yg nempel di setang itu menyatu

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Maap ganggu mas bro.. saya mau tanya klo saya udah diganti saklar, tapi lampunya jdi redup terang redup terang kaya motor ac yg ngikutin putaran mesin. Bagaimana solusinya dan apa yg salahnya yah? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin nyambung kabelnya kurang kenceng atau bisa juga jenis kabelnya terlalu tipis..usahakan jenis kabelnya hampir mirip ketebalannya dengan kabel yg original

      Hapus
  8. assalamualaikum mas bro
    bro biar lampu senja ttp bisa nyala walaupun make lampu led setelah di beri saklar lampu,gimana yaa.? kaya sebelum di kasi saklar kan bisa nyala.
    saya pernah bisa tapi lampu utama jadi kaya vixion ikutan nyala walaupun mesin motor mati, alhasil aki tekor soalnya make lampu biasa.
    ada solusi ga mas bro..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan standarnya gt 125 nyala on kontak ga langsung menyala lampunya bro?

      Hapus
  9. Numpang nanya om, xeon gt 125 dah pake saklar on/off, trus lampu depan sama senja dipasang led, sein msh bohlam,plus lampu rem led tambahan, eeeeh...bohlam rem nya putus mulu...apa remnya ganti led juga ya..bingung ac dc neh om...makasih ya

    BalasHapus
  10. Mas mau nanya saya udah pasang saklar on off .. cma msakanya .. indikator lampu jrak jauh nya kog ikut nyla ya . Pdahal sklar posisi off mas ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya sih ga begitu..coba di urutin lagi jalur kabelnya sesuai gambar diatas

      Hapus
  11. Gan mau nanya untuk motor mio Z cara on/off lampu senjanya gimana??

    BalasHapus
  12. Kabel senja nya di sambung kemana gan

    BalasHapus
  13. Cara pasang lampu led di motor beat 2010 gimana ya gan, tanpa realy

    BalasHapus
  14. Bro mau tanya,cara merubah arus AC ke DC di motor Xeon GT 125 gimana ya bro?kalau bisa buat langkahnya aja biar saya lebih paham,terima kasih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf masbro..ane belum melangkah kesitu..nnt aj klo pas ada postingan se;anjutnya

      Hapus
  15. Om itu untuk kabel senja dari holder sambungnya ke kabel biru merah yg dari kabel body apa kabel menuju soket lampu.?
    Sy udh sambung ke soket lmpu ga nyala om, klo lampu utama udh berhasil tinggal senjanya aja masih bingung om, tolong kasih pencerahannya om.

    BalasHapus